Menkeu Kaji Gaji Honorer Setara UMR

JAKARTA(RS) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengusulkan guru honorer mendapatkan gaji minimal setara UMR. Menanggapi ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan akan terus mengkaji gaji honorer.

“Kita terus mendiskusikan, bahasnya untuk melihat semua aspek. Jadi kita akan mencoba untuk terus bersama-sama dengan menteri terkait mengatasi persoalan honorer ini dan sekaligus memecahkan masalah kualitas,” ujar Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (24/1).

Sambung dia, permasalahan pendidikan di Indonesia yakni bukanlah gaji. Pasalnya, kualitas kurikulum juga harus ditingkatkan agar meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Ini kan bukan masalah digaji atau tidak, tapi persoalan apakah mereka bisa terus menjadi alat atau sumber daya yang bisa mendidik anak-anak didik kita, kan mereka profesinya guru jadi itu harus terus ditingkatkan, kita membahas cukup banyak aspeknya,” jelasnya dikutip dari okezone.

Saat ini, pemerintah akan menyisir kembali guru honorer yang ada di lapangan. Hal ini untuk memperjelas apakah guru honorer itu mengajar penuh di sekolah atau hanya guru sambilan.

Diketahui jumlah guru honorer di lapangan ada 736.000 orang. Namun untuk memastikan mereka benar-benar mengajar secara penuh di sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melakukan penyisiran ulang.

#Ryan
Labels: ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.