Organisasi Perantau Sumbar di Sintang Terbentuk

SINTANG(RS) – Perantau asal Sumatera Barat yang berada di Kabupateng Sintang, Kalimantan Barat sepakat untuk membentuk organisasi baru, yang diberi nama Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Sintang Raya. Wadah ini dibentuk tidak saja untuk menjalin silaturahmi, tapi juga melestarikan adat istiadat, kesenian dan kebudayaan leluhur meski di rantau orang.

Kesepakatan terbentuknya IKSB diperoleh setelah perantau melakukan musyawarah beberapa hari yang lalu, dan menyepakati Myr Suryatim sebagai ketua. Hal ini disampaikan Penasihat sekaligus Pelindung IKSB, Kolonel Josafat Duka kepada Singgalang.

“Saya diberi kehormatan untuk menjadi saksi lahirnya organisasi, sekaligus pembina bagi IKSB Sintang Raya,” kata Josafat.

Hebatnya lagi, meski baru saja terbentuk, IKSB langsung mendirikan sanggar tari, dan telah mulai melatih perantau-perantau di Sintang. Sanggar tari tersebut diharapkan tidak saja menjadi tempat melestarikan kesenian asal Sumbar, tapi juga menjadi media untuk mempromosikan kampung halaman.

Josafat merupakan mantan Dandim Mentawai yang kini berdinas di Korem Tanjungpura.

#Ryan
Labels: ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.