Kegiatan pawai akbar khatam Qur'an ditingkat kecamatan saja

Pasaman (RangkiangNagari) - Kegiatan pawai akbar khatam Qur'an ini hendaknya dilaksanakan bukan hanya ditingkat kecamatan saja. Syi'ar yang lebih besar akan dapat kita rasakan seandainya dapat kita gelar ditingkat Kabupaten Pasaman pada tahun-mendatang.

Harapan tersrbut tercetus dari Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kab. Pasaman saat menyampaikan sambutan pada acara Pawai Akbar Khatam Qur'an tingkat Kecamatan Lubuk Sikaping di halaman Kantpr Bupati Pasaman, Minggu (21/4).

Sejumlah 1.596 santri dari 35  MDTA, terdiri  dari 33 MDTA  Kecamatan Lubuk Sikaping, 1 MDTA  Kecamatan Rao Selatan, 1 MDTA Kecamatan Bonjol  dan 11 TPQ/TPSQ se-Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, mengikuti pawai akbar Khatam Al Qur’an yang digelar panitia pelaksana dari Forum Komunilasi Diniyyah Takmiliyah (FKFT) Kab. Pasaman di halaman Kantor Bupati Pasaman.

Kegiatan pawai akbar dengan tema “Dengan Pawai Khatam Al Qur’an Akbar Mari Kita Bangun Ukhuwah Islamiyah dan Semangat Belajar Mengajar AlQuran Demi Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pasaman Yang Sejahtera , Agamis dan Berbudaya”  dilepas oleh Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis.

Menurut H. Yusuf Lubis , pawai khatam Al Qur’an salah satu kegiatan yang di dorong oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk mensyiarkan kegiatan keagamaan dalam upaya membumikan Al Qur’an di Pasaman.

“Khatam Al Qur’an pertanda bahwa anak-anak telah menamatkan pendidikan membaca Al Qur’an, namun kegiatan membaca AL Qur’an tidak boleh berhenti. Lantunan suara para pembaca dan penghafal Al Qur’an harus selalu kita dengar dari rumah-rumah, dari Mesjid dan dari Mushalla sejalan dengan kegiatan Magrib Mengaji”, tambah Bupati.

Lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Pasaman memberikan apresiasi dan penghargaan atas terlaksanaanya acara Khatam AL Qur’an dan pawai hari ini. Hal itu terlaksana berkat kerja yang sungguh-sungguh, ikhlas dan konsisten dari para guru, ustadz, ustadzah dalam mendidik dan membina para santri.

Sebelumnya ketua Panitia Pawai Akbar Khatam Al Qur’an MDTA/TPQ/TPSQ Kecamatan Lubuk Sikaping Suyadi diwakili oleh ustadz Yulnedi Malin Basa melaporakan, Pawai Akbar Khatam Al Qur’an bertujuan meningkatkan kompetensi MDTA/TPQ/TPSQ Kecamatan Lubuk Sikaping hingga dapat melahirkan santri yang pandai baca tulis AL Qur’an dan beribadah sesuai dengan ketentuan Agama Islam.

Disamping itu, mendukung dan mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Pasaman dan Kementerian Agama dengan Gerakan Msyarakat Magrib Mengaji (Gemmari) serta mendudkung visi misi Pemerintah Kabupaten Pasaman “Terwujudnya Masyarakat Pasaman yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya”. 

#Ryan #(Wel)
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.