Pojok Literasi Bung Hatta di SMPN 1 Padang

Kampung Jawo (Rangkiangnagari) - Membaca merupakan suatu yang penting dan fundamental yang harus dikembangan sejak dini dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.  Hal ini tidak lain karena membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Siswa yang memiliki pengetahuan dan wawasan tentunya akan lebih berhasil dalam setiap tahapan kehidupan misalnya dalam pendidikan dan cara pandang.

Khususnya di SMPN 1 Padang terdapat pojok literasi sang proklamator bangsa indonesia M.Hatta atau lebih dikenal dengan Bung Hatta. Seperti diketahui bahwa Bung Hatta pernah menimba ilmu pendidikan di SMPN 1 Padang. Pada masa penjajahan belanda bangunan ini dengan nama Meer Uitgebreid Lager Onderwijis (Mulo), hingga setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sampai tahun 1950 sekolah ini dikenal dengan SMP Permindo. Kemudian pada 1950 berganti nama menjadi SMP Negeri I Padang.

Kepala SMPN 1 Padang Dewi Anggraini mengatakan SMP Negeri 1 Padang ini menjadi saksi bisu perjuangan pendidikan Wakil Presiden Republik Indonesia pertama Bung Hatta di tanah kelahiranya.

Pojok baca adalah upaya pengembangan minat baca melalui pemanfaatan berbagai pojok sebagai perpustakaan kecil. Pojok Literasi Bung Hatta terletak didalam Perpustakaan Lentera Ilmu SMPN 1 Padang. Pojok ini khusus bertemakan tentang riwayat dan sejarah bung hatta dimulai dari masa kecil, masa muda memasuki sekolah, kisah cinta bung hatta, pesan perjuangan hingga mata uang menggambarkan Bung Hatta. Ada juga beberapa dokumentasi foto Bung Hatta beserta keluarga, silsilah keluarga dan beberapa koleksi buku karangan Bung Hatta.

Bahkan pojok literasi ini pernah dikunjungi oleh putri bungsu Bung Hatta yaitu Buk Halida Nuriah Hatta beserta Tim Perpustakaan Proklamator Bung Hatta beberapa waktu lalu. Sekolah yang terletak di Jalan Jendral Sudirma Nomor 3, Kampung Jao, Kecamatan Padang Barat Kota Padang, Sumatera Barat, suasana ruangan kela hingga kini masih dipertahankan semasa Bung Hatta menimba ilmu pendidikan disini.

Selanjutnya berharap dengan adanya pojok literasi ini dapat meningkatkan minat baca, memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan membaca sehingga dapat menciptakan generasi penerus yang gemar membaca di SMPN 1 Padang.(Ayu)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.