SDN 03 Alai Timur Adakan Gebyar Kemerdekaan Dengan Aneka Lomba

Alai Parak Kopi (Rangkiangnagari) - Bulan Agustus belum usai, bulan yang sangat bersejarah dan berharga bagi semua warga Indonesia. Karena di bulan Agustus inilah rakyat Indonesia mendapatkan kemerdekaannya. Setiap bulan Agustus semua warga masyarakat menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan gegap gempita dengan mengadakan berbagai perlombaan.

Kepala SDN 03 Alai Timur Erlinda mengatakan kegiataan dilaksanakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 18-19 Agustus 2023. Untuk persiapan tidak membutuhkan waktu yang lama lebih kurang seminggu sebelum acara. SDN 03 Alai Timur mengadakan berbagai perlombaan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 78. Dalam kegiatan ini semua siswa SDN 03 Alai Timur wajib mengikuti semua jenis perlombaan yang sudah di tentukan oleh panitia penyelenggara kecuali bagi siswa yang berhalangan karena sakit.

"Alhamdulillah, kegiataan berjalan lancar dan siswa mengikutinya dengan penuh semangat," kata Erlinda kepada Mingguan Rakyat Sumbar, Kamis (24/8).

Kegiataan ini juga dibantu persiapaanya oleh mahasiswa PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) dari kampus Bung Hatta. Sebanyak 37 orang mahasiswa yang mengikuti praktik lapangan di SDN 03 Alai Timur selama 3 bulan dari tanggal 7 Agustus hingga 6 November 2023. "Kita juga bersyukur adik-adik mahasiswa ikut bantu berpartisipasi dalam menghias kelas dan sekolah dengan nuansa merah putih sesuai tema hari kemerdekaan," ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SDN 03 Alai Timur Rini Irmata Putri pada saat ditemui dikantornya.

Jenis perlombaan juga dibuat berbeda sesuai dengan jenjang kelas. Untuk kelas rendah ( 1,2 dan 3 ) jenis perlombaannya adalah : balap karung, estafet karet, dan estafet kain sarungl. Sedangkan untuk kelas atas ( 4, 5 dan 6) jenis perlombaannya adalah estafet kardus, estafet balon dan lomba tarik tambang. “Kegiatan ini diwajibkan bagi semua siswa kecuali yang sedang sakit, jenis perlombaan dibedakan sesuai dengan tingkatan kelasnya. Hal ini dilakukan agar semua siswa pada setiap tingkatan kelasnya bisa menjadi juara” jelas Rini.

Selama dua hari kegiatan perlombaan selalu meriah karena antusias siswa yang sangat besar dalam memeriahkan hari yang bersejarah bagi semua rakyat Indonesia.

Erlinda selaku kepala Sekolah menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif karena menumbuhkan rasa nasionalisme dan sportivitas bagi semua siswa SDN 03 Alai Timur. "Saya sangat mendukung kegiatan ini karena banyak sekali hal positif yang bisa diperoleh yaitu menumbuhkan rasa nasionalisme dan sportivitas pada semua siswa” ungkapnya.

Dalam setiap perlombaan yang diadakan untuk memeriahkan dan memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia pastinya tidak hanya bertujuan untuk bersenang – senang atau hura-hura saja, melainkan mempunyai tujuan yang lebih esensial yaitu memperjuangkan sebuah kemenangan dengan usaha maksimal dan juga dengan pengorbanan, semoga hal ini bisa menjadikan pembelajaran bagi semua bahwa perjuangan memang berat juga butuh usaha serta pengorbanan.(Ayu)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.