Kemenag Pessel Gelar Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun

Painan (Rangkiangnagari) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Seksi Pelayanan Haji dan Umroh (PHU). Menggelar Penyuluhan Manasik l Sepanjang Tahun Kamis (14/9) di Masjid Al-Amilin Painan. 

Penyuluhan itu diikuti oleh, jama'ah calon Haji yang akan berangkat pada Musim Haji 2024 mendatang. 

Kepala Kantor Kemenag Pessel, H.Abrar Munanda dalam sambutannya menyampaikan. Bimbingan Manasik Haji yang dilakukan tersebut, merupakan program inovasi Kemenag Pessel yang tidak dikenakan pungutan dana. 

Kegiatan itu sebut H. Abrar Munanda bertujuan untuk mempersiapkan,jamaah calon haji yang akan diberangkatkan pada musim Haji 2024 mendatang, agar memiliki ilmu dan wawasan yang luas terkait pelaksanaan Ibadah haji. 

Dijelaskan H. Abrar Munanda, ada dua lembaga yang melakukan Manasik Haji. Pertama Kementerian Agama dan kedua masyarakat. 

Bimbingan Manasik dari Kemenag merupakan program yang dilakukan beberapa bulan sebelum keberangkatan. Bimbingan dilakukan selama sepuluh kali pertemuan.

Selanjutnya, manasik dari masyarakat dari KBIH yang sudah berizin. Itu dilakukan secara mandiri dan mengeluarkan biaya sesuai ketentuan lembaga KBIH yang menyelenggarakan itu.

"Penyuluhan atau Bimbingan Manasik Haji yang kami lakukan ini merupakan program inovasi Kemenag Pessel dan tidak dikenakan biaya apapun." Ujar Kakan Kemenag Pessel, H. Abrar Munanda. 

Menurut H. Abrar Munanda, saat ini Kemenag sudah punya data untuk calon jama'ah tahun 2024. Meskipun data itu belum ditetapkan, namun pihaknya telah memulai kegiatan bimbingan manasik.

"Untuk kegiatan manasik nanti dilakukan oleh setiap KUA yang ada di Pesisir Selatan,"terangnya.

Selain kegiatan manasik sepanjang tahun yang menjadi program inovasi Kemenag Pessel. Sebut H. Abrar Munanda juga ada  kegiatan JENDELA HATI dan SITI HAJI. 

"Kita berharap seluruh kegiatan yang sudah direncanakan nanti  bisa berjalan dengan baik," harapnya. 

Dalam kesempatan itu Kakan Kemenag Pessel H.Abrar Munanda mengucapkan terima kasih pada Pimpinan Bank Nagari dan BSI yang ikut hadir dan mensupport kegiatan tersebut. 

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) PHU, H. Betriadi, sebagai Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan. Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun itu hanya diikuti 80 orang perserta. Mereka yang hadir dari Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Bayang Utara, IV Jurai, Batang Kapas dan Kecamatan Sutera. 

"Kegiatan ini berlangsung selama satu hari. Peserta yang hadir adalah mereka yang masuk dalam perkiraan yang akan berangkat pada musim haji 2024," terang Kasi PHU, H. Betriadi. (Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.