Rektor Yuliandri Apresiasi Capaian Prestasi Fakultas Peternakan

Padang (Rangkiangnagari) - Rektor Universitas Andalas Prof Yuliandri menyampaikan ucapan terima kasih atas capaian kinerja dan prestasi yang sangat luar biasa dari fakultas peternakan dalam menunjang kejayaan bangsa.

Prestasi yang disumbangkan fakultas bukan hanya dalam bidang pendidikan, tetapi yang lebih penting lagi dalam penelitian dan kemahasiswaan. Guru besar dan dosen-dosen fakultas bisa menembus dana penelitian di tingkat nasional.

Fakultas Peternakan berhasil menelurkan 24 profesor dan hampir 65 persen dosen berpredikat doktor. Ini sangat luar biasa, kata Yuliandri dalam sambutan pada peringatan Lustrum XII Fakultas Peternakan hari ini, Rabu (11/10) di gedung CH Universitas Andalas.

Peringatan Lustrum XII Fakultas Peternakan Universitas Andalas ditandai dengan Rapat Senat Terbuka Fakultas yang diselenggarakan di Convention Hall Universitas, Rabu (11/10).

Hadir dalam peringatan berdiri fakultas ini  para Dekan di lingkungan Universitas. Gubernur diwakili Kepala Dinas Peternakan Sukarli, SPt, MP.

DR Winda Sartika yang di daulat menyampaikan orasi ilmiah mengupas tentang rantai pasok daging rendang di industri kecil dan menengah di daerah Payakumbuh.

Ia mengatakan kelangsungan industri rendang sangat ditentukan oleh rantai pasok daging di daerah ini terutama di Payakumbuh.

Menurut Winda kelancaran suplay bahan baku daging sapi bagi industri rendang perlu didukung oleh hubungan kerjasama yang baik antar lembaga rantai pasok yang terlibat dalam aliran material bahan baku rendang. Hal itu akan menjamin kelancaran produksi  dan ketepatan waktu.

Pengalaman menunjukkan bahwa bertahan nya industri rendang selama ini utama pada saat pandemi dikarenakan adanya "marketing colaboration" yang andal. Sehingga bisa menjamin tersedianya bahan baku daging untuk masakan rendang.

Secara keseluruhan hasil simulasi menunjukkan kebutuhan daging sapi sebagai bahan baku industri rendang sebanyak 11 persen dari total kebutuhan daging sapi di Payakumbuh, sedangkan konsumsi rumah tangga dan konsumsi lain masing-masing sebanyak 56 dan 33 persen.

Dekan Fakultas Peternakan Dr Adrizal dalam sambutan menyambut baik orasi ilmiah yang disampaikan Dr.Winda Sartika. Kajian yang disampaikan Winda sangat relevan dengan kondisi yang dialami pemerintah dan masyarakat saat ini. Mudah-mudahan orasi yang disampaikan akan dapat membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan.

Adrizal juga menyampaikan perjalanan sejak berdirinya fakultas hingga saat ini. Dan hingga saat ini fakultas sudah menghasilkan sekitar 8000 alumni dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Pada kesempatan itu dilaporkan juga keberhasilan dosen dalam menggaet dana penelitian nasional. Disebutkan nama Prof James Hellyward, Dr Rusmana, Dr Monteskrit dan Rusfidra.

Disampaikan Dekan bahwa alumni tidak saja berkarier di bidang peternakan, tetapi juga dibidang lain. Adrizal menyampaikan bahwa fakultas peternakan menghasilkan banyak guru besar dan terbesar jumlahnya di universitas Andalas.

Semoga dengan jumlah profesor yang banyak akan selaras dengan hasil karya ilmiah yang dihasilkan untuk kejayaan bangsa.

Rapat Senat Terbuka dipimpin Ketuanya Prof Asdi Agustar dan juga hadir sekretaris senat Dr Jaswandi dan anggota senat lainnya.(*01).

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.