Dampak Banjir pada Tiga Daerah di Sumbar, Ratusan Warga Dievakuasi

PADANG (RangkiangNagari) – Hujan yang mengguyur Sumbar sejak Kamis hingga Jumat (7-8/3), tiga kabupaten dilanda bencana banjir, Padang, Pesisir Selatan, dan Pasaman Barat.

Dari ketiga kabupaten dan kota yang terdampak banjir ini, tim gabungan telah mengevakuasi ratusan warga yang terdampak banjir.
“Bencana banjir melanda Padang, Pesisir Selatan dan Pasaman Barat. Sampai hari ini Jumat (8/3) ini sudah tercatat ratusan warga telah dievakuasi oleh tim gabungan,” kata‎ Kakansar Basarnas Padang, Abdul Malik, Jumat (8/3).
Abdul Malik mengatakan, di Padang sendiri ada sepuluh kecamatan yang terdampak banjir yang hampir melanda di seluruh kelurahan di sepuluh kecamatan tersebut.
“Di Padang sudah terevakuasi oleh tim gabungan lebih dari 500 orang. Saat ini di Kabupaten Pesisir Selatan masih pelaksanaan evakuasi, sampai pukul04.00 WIB, sudah terevakuasi lebih kurang 121 orang. Saat ini tim gabungan masih melakukan evakuasi di Pesisir Selatan. Data ini berdasarkan dari BPBD,” ujar Abdul.

Dikatakan, tim gabungan yang melakukan evakuasi dan penyelamatan warga terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Damkar, Dinas Sosial, serta komunitas masyarakat yang saat ini saling gotong royong dan saling bahu membahu untuk membantu evakuasi warga.
“Masyarakat juga melakukan evakuasi mandiri sejak Kamis malam hingga Jumat ini. Kita juga dibantu dari kantor SAR Jambi dan Bengkulu,” katanya.

Dua kantor SAR dari tetangga ini memasuki titik-titik atau daerah yang dilanda bencana banjir. Pihaknya juga akan terus melakukan monitoring untuk bisa membantu penyelamatan dan evakuasi warga terdampak banjir di sejumlah kabupaten dan kota yang terjadi di Sumbar.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.