Lima Mantan Pemain Timnas Indonesia, Kini Jadi Pengangguran

JAKARTA (RangkiangNagari) - Menjadi pemain Timnas Indonesia tentu menjadi impian setiap pemain bola Tanah Air. Banyak di antara mereka yang bersinar di level klub sehingga dipanggil ke skuad inti Nasional.

Namun, ternyata tak semua pemain Timnas Indonesia mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan performanya di lapangan. Beberapa justru layu sebelum berkembang, sebagian lainnya mati dalam pujian.

Bahkan, dengan membawa embel-embel sebagai pemain Timnas Indonesia tak cukup mampu menyelamatkan karier mereka di level klub. Sebagian di antaranya, justru menjadi pengangguran pada Liga 1 musim 2023-2024. Lalu, siapa saja kelima pesepakbola itu? Dikutip dari Okezone, posisi kelima ada nama, Andik Vermansah.

Andik Vermansah pernah membuat publik Indonesia terkesima dengan kelincahannya mengolah bola. Bahkan, sosok satu ini dipuji setinggi langit sebagai The Next Lionel Messi dari Asia.

Namun nahas, kecemerlangan Andik bersama Timnas Indonesia tak mampu menyelamatkannya dari menganggur. Pasalnya, Bhayangkara FC enggan memperpanjang kontrak pemain berusia 31 tahun itu di musim ini.

Padahal, soal pengalaman Andik tak perlu diragukan. Ia telah mengemas 30 pertandingan bersama Timnas Indonesia. Ia juga pernah memperkuat dua klub Malaysia, Selangor FC dan Kedah FA.

Tempat keempat Ilham Udin Armayn. Pemain ini sempat mencuri perhatian ketika membela Timnas Indonesia U-19 pada 2013-2014. Saat membela Bhayangkara FC, dia pun tampil gemilang hingga klub Malaysia Selangor FA kepincut dengannya.

Namun, performa Ilham terus menurun hingga puncaknya pada setengah musim 2021 ia berstatus tanpa klub. Kini, hal yang sama kembali terjadi. Pemain 27 tahun itu kembali menganggur usai kontraknya tak diperpanjang Arema FC.

Posisi ketiga ada nama Osvaldo Haay. Osvaldo menjadi pemain dengan status tanpa klub saat ini. Kesebelasan terakhir yang dibelanya, Persija Jakarta, memutuskan tak memperpanjang kontrak mantan pemain Timnas Indonesia itu.

Nama Osvaldo padahal sempat mencuat kala membela Persebaya Surabaya. Namun, usai hijrah ke Persija Jakarta pada 1 Februari 2020 performa Osvaldo terus menurun. Terlalu sering cedera membuat dirinya lebih banyak menghuni bangku cadangan.

Nama mantan Pemain Timnas yang menganggur lainnya adalah Ruben Sanadi. Pemain berusia 36 tahun itu berstatus tanpa klub usai dilepas Bhayangkara FC.

Bek senior asal Papua itu tercatat mengemas 11 laga bersama Timnas Indonesia. Sepanjang kariernya, Ruben pernah membela PSMS Medan, Persipura Jayapura, dan Persebaya Surabaya.

Terakhir, Irfan Bachdim. Pesepakbola yang satu ini digilai para pecinta sepakbola Tanah Air pada medio 2010-an, pria dan wanita. Berparas tampan dan memiliki skill mumpuni membuatnya mudah mendapat tempat di hati pecinta sepakbola.

Puncaknya adalah ketika pemain akademi Ajax Amsterdam itu sukses membawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2010. Meskipun Indonesia gagal mejadi juara usai ditundukkan Malaysia.

Setelahnya, Irfan Bachdim ramai menghiasi dunia pertelevisian nasional. Diundang berbagai program TV hingga menjadi bintang iklan.

Kini, jauh setelah gegap gempita itu, nasib Irfan Bachdim di dunia sepakbola kian buram. Persis Solo, tempat terakhir ia bernaung tak memperpanjang kontraknya.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.