Rupiah Rp14.665/USD, Menguat Tajam Usai BI Naikkan Suku Bunga

JAKARTA(RS) – Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berhasil menguat pada perdagangan sore hari ini. Rupiah menguat usai hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG-BI) memutuskan untuk menaikkan suku bunga.

Dilansir dari Bloomberg Dollar Index, Kamis (15/11) pukul 19.02 WIB, Rupiah pada perdagangan spot exchange menguat 121,5 poin atau 0,82% ke level Rp14.665 per USD. Rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp14.645 per USD – Rp14.782 per USD.

Sementara itu, YahooFinance mencatat Rupiah di level Rp14.660 per USD. Dalam pantauan YahooFinance, Rupiah bergerak di kisaran Rp14.640 per USD – Rp14.785 per USD.

Global Head of Currency Strategy & Market Research Jameel Ahmad mengatakan, Rupiah adalah mata uang terkuat di Asia Pasifik pada hari ini. Momentum beli Rupiah menguat setelah Bank Indonesia memberi kejutan dengan meningkatkan suku bunga untuk keenam kalinya di tahun 2018.

Rupiah meningkat di atas 0,9% saat ini namun mata uang Indonesia berpotensi untuk semakin menguat di saat investor mencerna langkah terbaru BI. Penurunan Dolar AS selama tiga hari terakhir berturut-turut juga membantu sentimen pasar berkembang.

Diwartakan okezone, ini adalah kenaikan suku bunga ke-6 kali yang dilakukan BI tahun ini dan BI layak mendapatkan pujian atas keberanian untuk bertindak fleksibel dalam upaya membantu pasar Indonesia. Kenaikan suku bunga terkini ini akan membantu mengundang masuknya modal ke Indonesia, dan menolong defisit transaksi berjalan serta mencegah tekanan inflasi setelah Rupiah melemah lebih dari 10% tahun ini.

#Ryan

Labels: ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.