Latest News

Kodim 0306/50 melaksanakan kegiatan penyuluhan bersama instansi terkait di Kantor Wali Nagari Talang Maur

Lima Puluh Kota (Rangkiangnagari) - Dalam rangka TMMD/N ke - 111 Tahun 2021, Kodim 0306/50 melaksanakan kegiatan penyuluhan bersama instansi terkait di Kantor Wali Nagari Talang Maur, Kecematan Mungka, Rabu, (07/07/2021). 

Dihadiri perwakilan Wali Nagari Ben Supriadi, Junaidi Char dari Kodim 0306, Kadis Kominfo yang diwakili oleh Kepala Bidang Aptika M.Rafi Azka, S.Kom serta peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, dan pemuda - pemudi dari Nagari Talang Maur. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan mulai dari tanggal 16 Juni dan berakhir tanggal 8 Juli.                                                                          

Dalam Sambutannya, Ben Supriadi sebagai perwakilan wali nagari mengucapkan banyak terimakasih kepada Dinas kominfo yang telah menyempatkan waktu untuk penyeluhan tersebut.                                                                       

Kegiatan TMMD/N ke 111 ada 2 bentuk, yang pertama Fisik seperti pengerjaan jalan dan pembukaan jalan dari Jorong Talang Maur ke Nagari Maek sepanjang 9 Km. Kegiatan lainnya seperti rehab rumah tidak layak huni kemudian penanggalan bibit/ benih ikan dan penanaman bibit pohon. Yang kedua kegiatan non-fisik seperti penyuluhan, pelatihan dan bimtek mengenai TMMD/N Ke 111 di Nagari Talang Maur. 

Narasumber Mike Zaimy, S.Kom Kasi Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi menyampaikan bahwa Kominfo akan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan TMMD/N ke 111 ini. Materi yang disampaikan adalah Sehat bermedia Sosial dan Publikasi Kegiatan. 

Media sosial memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi. Hanya dalam satu genggaman, seluruh manusia di muka bumi kini bisa dengan mudahnya bertukar informasi, mengakses gambar atau video, hingga pengetahuan baru tanpa celah. 

Beberapa media sosial yang kita gunakan karena kemudahannya adalah Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain. Saking mudahnya, kita jadi sering lupa diri dan malah menghabiskan waktu dengan scrolling medsos. Di samping itu, sekarang marak pula terjadinya penyalahgunaan medsos seperti penyebaran hoax, penyebaran ujaran kebencian, dan hal-hal fatal lainnya yang bisa merugikan banyak pihak. Tips-tips dalam penggunaan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab, pertama Jangan Asal Posting Konten. 

"Meskipun platform media sosial saat ini punya fitur privasi yang bisa kamu atur, namun tak ada salahnya menggunakan media sosial dengan lebih baik dan bermanfaat sehingga tidak menyinggung pihak lain.", jelas Mike. 

Yang kedua, Tak Perlu Detail Mencantumkan Informasi. Dalam akun media sosial, jangan pernah mencantumkan informasi pribadi yang detailkarena kita tidak pernah tahu ancaman-ancaman apa yang sedang mengintai. Protect your privacy! 

Yang ketiga, Jaga Etika. Jaga selalu etika, sopan santun, dan selalu bersikap respect kepada teman atau orang-orang yang terkoneksi di akun media sosial kita. Hindari penggunaan kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA. Hormatilah orang lain sebagaimana kita ingin dihormati. 

Yang keempat, Selalu Waspada dan Jangan Langsung Percaya. Akan selalu ada limpahan informasi atau orang-orang tak bertanggung jawab yang wara-wiri di media sosial. Kalau sudah begini, kamu harus mawas diri dalam menyaring informasi-informasi yang tersebar. Waspadai pula pengguna-pengguna tak dikenal yang tiba-tiba mengirim pesan tanpa maksud dan tujuan yang jelas untuk mencegah terjadinya penipuan atau hal-hal lain yang tak diinginkan. 

Dan yang terakhir, Filter Akun-akun yang Diikuti. ikutilah akun-akun bermanfaat, menghibur, atau kredibel yang justru bisa menambah wawasanmu. Jauhi akun-akun yang sekiranya toxic dan tidak memiliki kegunaan apapun. (Rn)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kodim 0306/50 melaksanakan kegiatan penyuluhan bersama instansi terkait di Kantor Wali Nagari Talang Maur Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana