Latest News

LKAAM Pasaman, terima bantuan Mobil operasional dari Bupati Pasaman Benny Utama

Pasaman (Rangkiangnagari) - LKAAM secara historis, merupakan struktur Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau sebagai organisasi yang mewadahi ninik mamak dan pemuka adat,tujuan organisasi ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai luhur adat Minangkabau serta mengembangkan falsafat adat Minangkabau yaitu : Adat basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah. Sebagai organisasi kemasyarakatan yang berorientasi kultural, wilayah kerja organisasi ini ternyata tidak meliputi semua wilayah kultural Minangkabau, akan tetapi hanya mengikuti batasan wilayah teritorial propinsi Sumatera Barat.

Demikian juga halnya dengan LKAAM Pasaman yang selama ini bekerja dengan fasilitas seadanya, tentunya akan dapat mempengaruhi kinerja para pengurus lembaga adat ini.

Alhamdulillah, kita atas nama seluruh niniak mamak yang tergabung dalam LKAAM Pasaman, sangat bersyukur yang selama ini di impikan untuk memiliki kantor sendiri, kini sudah tercapai, bahkan  bisa dikatakan sangat megah lebih dari yang diharapkan, terang Ketua LKAAM Pasaman Chairul Datuak Bagindo Kali, saat menyampaikan sambutanya pada acara temu ramah Niniak Mamak dengan Bupati Pasaman dalam rangka Peningkatan peran niniak mamak untuk mewujudkan Pasaman yang berbudaya, dibalairong Pusako anak nagari, senin 18 september 2023.

Tidak hanya itu, Bupati Pasaman Benny Utama yang juga selaku Niniak mamak sarak yang bagala Kari Ibrahim ,sangat paham terhadap apa yang menjadi kebutuhan niniak mamak dalam menjaga keutuhan adat di negeri ini.

Dalam hal ini, kami dari LKAAM Pasaman sangat berterima kasih sekali pada Bupati Pasaman, dimana kami telah diberi bantuan 1 unit Mobil operasinal LKAAM, yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kelembagaan LKAAM itu sendiri.

turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS. Sekda Pasaman Mara Ondak, Kepala DPM Hasrizal, Ketua dan Pengurus KAN, dan ratusan Niniak Mamak se Pasaman.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pasaman H.Benny Utama dalam sambutanya menyebutkan, Peran Niniak mamak, terkhusus LKAAM dalam menyukseskan visi dan misi Kabupaten Pasaman, terutama program Pasaman yang berbudaya sangat penting dan perlu kita apresiasi.

Kami atas nama Pemerintah Daerah dengan adanya keberadaan LKAAM ini sangat penting dan strategis dalam pelaksanaan tatanan adat istiadat ditengah tengah masyarakat.

Benny Utama juga menyampaikan bahwa Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau adalah lembaga sosial kemasyarakatan yang bersifat independen dan non partisan, didirikan berlandaskan filosofi adat Minangkabau yaitu “Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah, Syara’ Mangato Adat Mamakai, Alam Takambang Jadi Guru”.

Dalam rangka mendukung Peran LKAAM dalam kegiatan pembangunan Pemerintah Kabupaten Pasaman tentunya harus mempunyai fasilitas yang memadai, untuk itu perhatian tersebut terus dilakukan oleh pemerintah daerah baik itu sarana dan prasarana pendukung lainya.

Kita Pemerintah daerah sangat berharap, dengan adanya bantuan fasilitas tersebut akan dapat meningkatkan peran niniak mamak dalam pembangunan pasaman yang berbudaya. tutup Benny Utama,(Rn/Tio)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: LKAAM Pasaman, terima bantuan Mobil operasional dari Bupati Pasaman Benny Utama Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana