Jadi Saksi Pernikahan di Lampasi, Erwin Yunaz Apresiasi Program Sini Kakek Seleb

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz menjadi saksi pernikahan pasangan Febri dan Fitri di Koto Panjang Padang, Kecamatan Lampasi Tigo Nagari, Rabu (17/7/2019). Pada kesempatan tersebut, Erwin mengapresiasi program Sini Kakek Seleb (Siap Nikah Kartu Keluarga Selesai Dibuat) dari Disdukcapil Kota Payakumbuh.

''Program ini inovasi yang keren dari Disdukcapil. Selesai nikah, langsung dapat KTP baru dan KK,'' ujar Erwin melalui pesan WhatsApp ke wartawan, Jumat (19/7/2019).

Menurut Erwin, sudah seharusnya Pemko melalui perangkat daerahnya terus melakukan inovasi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan PP No. 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah dimana sasarannya untuk peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan, peran serta masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah.

''Inovasi-inobasi seperti ini tentu akan meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah sehingga warga begitu merasakan hadirnya negara dalam melayani urusan mereka. Saya harap program-program seperti ini dipertahankan, dan saya tunggu juga inovasi-inovasi dari OPD yang lain,'' tutur Erwin.

Sebagaimana diketahui, program Sini Kakek Seleb merupakan inovasi Disdukcapil Payakumbuh dimana warga yang baru menikah bisa langsung mendapatkan dokumen kependudukan, berupa kartu keluarga dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kepala Disdukcapil Payakumbuh Yunida Fatwa, dalam Diskusi Senin Cerdas Kehumasan Diskominfo beberapa waktu yang lalu menyampaikan, program ini bertujuan memberikan kemudahan terhadap pasangan pengantin baru yang sama-sama berasal dari Kota Payakumbuh. "Begitu proses ijab kabul selesai, mereka langsung bisa mendapatkan KTP dan KK yang baru," ujarnya.

Untuk kelancaran program ini, Disdukcapil bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan yang sudah memiliki data warga yang akan menikah. ''Jadi pihak KUA yang menginformasikan kepada kami bahwa ada pasangan yang akan menikah, baru kami laksanakan program ini,'' ucap Yunida.

Selain program Sini Kakek Seleb, masih banyak lagi program inovasi lainnya yang dilakukan Disdukcapil seperti Program Gesit Kejar Daku Bang, Payakumbuh Takziah, pelayanan hari libur, pelayanan terintegrasi, SORE JK (Sosialisasi-Rekam KTP el-Jemput Berkas Akta), Sore Uas (Sosialisasi – Rekam KTP-el Anak Sekolah), Si Cece Urus Kakekku (SIap CErai CEpat URUS KArtu KEluarga KU).

Kemudian Pelakor Tua dan Disabilitas (Pelayanan KTP-el Orang Tua dan Disabilitas), MoU/Kerjasama Pelayanan dengan OPD dan Stakeholders terkait serta Puber Anak Melania. Melalui program Gesit kejar daku bang misalnya, Disdukcapil mencari, antarkan, kumpulkan dan membuatkan untuk anak yang belum punya Akta Kelahiran. 


#Ryan #E2
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.