Waspada Bencana !

Oleh. Basril Basyar

Sumbar terkenal dengan beragam peristiwa bencana alam. Di daerah lintasan khatulistiwa ini  juga pernah terjadi bencana gempa bumi dengan skala besar membuat korban meninggal begitu banyak.

Di daerah Minang ini juga ada bencana erupsi gunung berapi, peristiwa banjir bandang dan banjir lahar. Bencana kebakaran sering juga terjadi.

Para pendaki gunung juga sering menjadi korban, ditambah lagi dengan penyakit berbahaya. Tak ketinggalan bencana tsunami yang selalu mengancam penduduk pantai.

Begitu komplit jumlah bencana alam di daerah ini, sehingga ada yang memberi istilah " Sumbar itu Etalase Bencana", karena semua bencana ada disini.

Belum lama berselang terjadi banjir bandang menghantam penduduk kabupaten Pesisir Selatan. Sebanyak 25 orang waktu itu dinyatakan meninggal dunia imbas banjir bandang yang melanda pesisir selatan maret lalu.  

Sebelumnya Kota Padang direndam air. Tinggi air di kawasan Aia Pacah umpamanya bisa mencapai dua meter. Masyarakat terpaksa mengungsi.

Silih berganti terjadi bencana. Tidak ada pilihan lain bagi warga disini, selain harus waspada dan hati- hati, apalagi di musim seperti sekarang.

Cuaca global saat ini memang sedang bermasalah, cuaca panas yang menyengat sangat sering terjadi. Kemudian tiba- tiba hujan deras seperti yang terjadi minggu lalu.

Kalau dulu musim hujan itu selalu terjadi di bulan ber- ber, september, oktober, nopember hingga Desember. Kalau berlanjut paling sampai April. Berbeda saat ini, sudah bulan mei hujan masih deras dan mengancam lagi.

Apakah cuaca ekstrim sekarang ada kaitan dengan terjadi pembabatan hutan secara besar-besaran belum tahu juga. Atau mungkin juga bumi sudah semakin tua.

Bagi kita di Sumbar yang terkenal dengan "etalase " bencana, marilah kita waspada. Tidak usah berwisata dulu buat sementara menjelang cuaca reda.***

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.