Ketua Kwarcab 0308 Pasaman, Drs Maraondak membuka secara resmi kegiatan Pembekalan Dewan Kerja Cabang (DKC)

Pasaman (RangkiangNagari) - Ketua Kwarcab 0308 Pasaman, Drs Maraondak membuka secara resmi kegiatan Pembekalan Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab 0308/Pasaman bertempat di Aula Kwarcab setempat pada, Jum'at (26/7) malam kemarin.

"Kegiatan pembekalan DKC ini dilaksanakan dari tanggal 26 sampai 28 Juli 2019 di Aula Kantor Kwarcab 0308/Pasaman," ujar Sekretaris Kwarcab Nazri Can didampingi Muslim Munir selaku Ketua Pelaksana kegiatan.

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepemimpinan kepada anggota-anggota DKC di Kwartir Cabang Pasaman. Target utama dari kegiatan ini adalah adik-adik sebagai calon pemimpin mendasari bagaimana kepemimpinan dalam berorganisasi.

"Kegiatan ini sangat perlu karena pembekalan-pembekalan kepada Pramuka Penegak di setiap ranting dan gugus depan sangat dibutuhkan hal-hal yang berbau kepemimpinan karena mereka akan kembali ke daerah masing-masing yang mesti diurus. Mereka akan menjadi calon-calon Pramuka Dewasa yang akan memimpin di tempat masing-masing," kata ketua panitia Kak Muslim Munir.
Kata dia, kegiatan pembekalan bagi pengurus baru DKC Pasaman ini merupakan satu upaya untuk meningkatkan kinerja pengurus DKC dalam pembinaan Pramuka Penegak.

“Dengan pembekalan ini, diharapkan kedepan pengurus baru akan mampu meningkatkan kinerja. Sehingga meskipun dengan struktur dan SDM yang terbatas, tapi kaya fungsi dan prestasi,” kata Muslim.

Muslim Munir menyebutkan, dalam pembekalan DKC ini, kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan brigade penolong seperti, tim building, struktur organisasi brigade penolong.

Selanjutnya, pelatihan DKC meliputi, pelatihan managemen playing, seragam pramuka, PPSPDK 05 tahun 2017, dan kepemimpinan.

Dijelaskannya, sebagai peserta dalam kegiatan ini adalah, seluruh utusan pramuka penegak sebanyak 40 orang yang berasal dari seluruh Kwaran se Pasaman.

Dalam pembekalan ini, panitia juga mendatangkan narasumber dari Kwarda Padang yakni, Syofian Effendi, Faisal Aziz dan didampingi Zainal Abidin dan Kriatiawati dari Pusdiklat Cab.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pasaman Drs Maraondak dalam sambutannya sekaligus membuka acara kegiatan menyampaikan menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat tekad dan meneguhkan kembali semangat guna membawa kaum muda ke masa depan yang lebih baik.

"Satuan-satuan terkecil dalam Pramuka Penegak disebut sangga yang beranggotakan 7-10 orang dan kesatuan beberapa sangga disebut Ambalan. Pandega pula bernaung di Racana. Kalian sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat karena kalian bisa meneruskan kelakuan baik di masyarakat ataupun bangsa ini," kata Kak Maraondak.

Ditegaskannya, pembekalan ini intinya adalah pembentukan karakter. Kita berharap, adik-adik yang mengikuti pelatihan selama dua hari ini dapat memiliki karakter yang lebih baik lagi kedepannya.

"Kepada adik-adik para peserta pembekalan DKC ini kami berharap dapat mengambil ilmu dari kegiatan yang dilangsungkan selama dua hari ini dan bisa diterapkan di organisasi-organisasi yang dipimpinnya," tukasnya. 

#Ryan #(wl).

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.