Latest News

Peresmian Terminal Tipe A Anak Air Padang Ditunda

 

PADANG (RangkiangNagari) – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Provinsi Sumbar masih menunggu petunjuk dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terkait rencana pengoperasian Terminal Type A Anak Air di Kota Padang.Sebelumnya peresmian sempat direncanakan pada Idul Fitri 2021.

Hal ini diungkapkan Kepala BPTD Wilayah III Provinsi Sumbar, Deny Kusdyana, Rabu (31/3) di Padang.Deny mengungkapkan, meski pembangunan Terminal Type A Anak Air telah rampung. Namun, saat ini perlu dilakukan penyempurnaan terhadap terminal tersebut. Penyempurnaan bukan perbaikan, tapi penambahan kekurangan fasilitas terminal.

Seperti, bagian emplasemen jalan di depan terminal yang membuat bus yang masuk, terkendala sewaktu melakukan manuver.“Kondisi ini terjadi karena di depan terminal ada tanggul badan jalan, kita tidak bisa apa-apa karena tekendala kewenangan. Di depan juga ada sungai yang perlu penanganan yang tidak sederhana. Apalagi untuk penyempurnaan ini juga belum masuk dalam isi kontrak kemarin,” ungkap Deny, kemarin.

Diakuinya, dengan emplasemen yang ada sekarang, bus-bus besar terbatas melakukan manuver masuk terminal. Terutama bus yang ukuran 12 meter model lama, dengan pergerakan beloknya yang terbatas.Sementara, ada bus yang ukuran 13 meter bisa belok sekali saja bisa masuk, dengan kecanggihan tekhnologinya.

Penyempurnaan lainnya, emplasemen bagian depan untuk kendaraan pribadi juga belum menyambung. Sedangkan yang akan bermanuver di bagian depan juga banyak kendaraan besar.Dikuatirkan akan menimbulkan kesemrawutan jika bersamaan dengan masuknya kendaraan pribadi ke terminal. Jika ini terjadi maka membuat pengguna jasa tidak mau masuk ke terminal.

Termasuk juga penyempurnaan bagian jalan utama menuju keluar-masuk terminal yang masih terhambat. Deny mengungkapkan, dirinya sudah berkoordinasi dengan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumbar.

Dari hasil koordinasinya, pihak Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumbar menyatakan kesiapannya melebarkan sisi rel kereta api di depan Jalan Adinegoro Padang.

 

#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Peresmian Terminal Tipe A Anak Air Padang Ditunda Rating: 5 Reviewed By: Umarzam