Latest News

Jurusan Geografi FIS UNP Turunkan Tim Bantuan dan Pemetaan Cepat Pascagempa

PADANG (RangkiangNagari) – Tim Tanggap Bencana dan Pemetaan Cepat/Rapid Mapping Jurusan Geografi Universitas Negeri Padang (UNP) menurunkan tim ke lokasi bencana Pasaman Barat.

Tim yang terdiri dari delapan orang dosen ini dilepas oleh Ketua Jurusan Geografi UNP Arie Yulfa, Kamis (3/3/2022) di Kota Padang.
Arie Yulfa mengatakan delapan dosen dan laboran yang berangkat adalah Risky Ramadhan, Endah Purwaningsih, Triyatno, Hendri Frananda, Bigharta Bekti Susetyo, Dedy Fitriawan, Adek Andreas, Wikan dan Dipo.

Selama di lapangan, tim akan memberikan bantuan kepada korban gempa.

Selain itu, tim juga akan melakukan pengumpulan data dan pemotretan/foto udara untuk memetakan wilayah terdampak gempa, landaan banjir/galodo di sekitar Gunung Talamau yaitu Nagari Malampah dan Nagari Kajai.

“Pemotretan menggunakan Drone DJI Phantom 4 RTK guna mendapatkan hasil foto dengan akurasi dara foto udara beresolusi spasial 2 centimeter,” ungkapnya.3
Semua peralatan pendukung tim di lapangan menggunakan alat-alat laboratorium SIG dan PJ milik Jurusan Geografi, FIS, UNP.

Lebih lanjut disampaikan bahwa tim Geografi UNP turun ke lapangan bersama dengan tim dari Dinas PSDA Provinsi Sumatra Barat yang merupakan mitra kerja sama Jurusan Geografi selama ini.

“Keluarga besar Jurusan Geografi juga melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu korban Gempa Pasaman Barat dan Pasaman dengan menggunakan aplikasi Web kitabisa.com dengan melibatkan HMJ Geografi,” tambahnya.

Selain itu, penggalangan dana sosial untuk korban Gempa juga dilakukan di kalangan alumni Geografi IKIP Padang/UNP.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Jurusan Geografi FIS UNP Turunkan Tim Bantuan dan Pemetaan Cepat Pascagempa Rating: 5 Reviewed By: Umarzam