Latest News

HBN ke-74, Bupati Safaruddin Tinjau Kesiapan Panitia di Monumen Bela Negara

Limapuluh Kota (Rangkiangnagari) - Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo bersama Sekretaris Daerah Widya Putra meninjau kesiapan panitia Hari Bela Negara (HBN) ke 74 di Monumen Bela Negara, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Jum'at, (16/12/2022). Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Kepala Kesbangpol Joni Amir, Kepala Dinas Parpora Desri serta Plt Kepala Dinas Pendidikan Retyanda. Tahun ini, peringatan HBN mengangkat tema “'Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku”, sejumlah persiapan terus dikebut oleh panitia yang berasal dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga Nagari. Terlihat, Bupati Safaruddin bersama rombongan intens berdiskusi tentang kesiapan panitia dalam mensukseskan puncak HBN ke-74.  

Sebagaimana diketahui, Hari Bela Negara merupakan salah satu hari penting nasional yang diperingati setiap tahunnya. Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2006, Peringatan HBN ditetapkan tanggal 19 Desember setiap tahunnya. Dalam Keppres itu disebutkan bahwa tanggal 19 Desember 1948 merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal tersebut terbentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang dipimpin Syafruddin Prawiranegara dalam rangka mengisi kekosongan kepemimpinan pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang terjadi dari tanggal 19 Desember 1948 hingga 13 Juli 1949. 

Dalam peninjauannya, Bupati Safaruddin menyatakan, penyelenggaraan upacara di Monumen Bela Negara tetap dilaksanakan, walaupun peringatan HBN akan dipusatkan di Kota Padang. "Rencananya Wakil Gubernur Audy Joinaldy akan bertindak sebagai inspektur upacara," ujar Bupati Safaruddin. Kemudian ia mengingatkan, walaupun penyelenggaraan HBN merupakan tugas Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Bupati Safaruddin meminta Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota tetap mendukung penuh pelaksanaan Hari Bela Negara tahun ini. Kemudian, Bupati Safaruddin turut menjelaskan, hal-hal yang harus diperhatikan panitia dalam menunjang kesuksesan HBN diantaranya, kebersihan komplek monumen, lokasi parkir kendaraan, serta fasilitas pendukung lainnya  yang akan memuluskan jalannya acara. “InsyaAllah acara akan berlangsung semarak. Semua sudah kita koordinasikan. Walaupun dalam waktu yang sempit, tetapi insyaAllah hasilnya bisa maksimal besok. Mohon doanya semoga semua berjalan lancar dan sukses,” ucap Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol, Joni Amir memaparkan, sejumlah persiapan telah diupayakan oleh panitia, begitupun dengan rangkaian acara yang akan menyemarakkan peringatan HBN tahun ini. "Tahun ini, Tour De PDRI kembali digulirkan dan akan melintasi sejumlah Kabupaten/Kota yang ikut andil dalam perjuangan PDRI, kemudian napak tilas dari Nagari Bonjol, Kabupaten Pasaman menuju Nagari Koto Tinggi, hingga perlombaan menyanyi perjuangan dan pasar rakyat murah," ungkap Joni Amir. Selanjutnya ia menjelaskan, para pelajar turut dilibatkan dalam puncak peringatan HBN tahun ini, tidak kurang 150 siswa, pada hari Minggu akan melaksanakan kemah bakti di lingkungan Monumen Bela Negara. (Rn)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: HBN ke-74, Bupati Safaruddin Tinjau Kesiapan Panitia di Monumen Bela Negara Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana