Tambah Pasokan Sumber Air Bersih, Pemko Payakumbuh Bangun Embung Lurah Rawang

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Sebagai upaya untuk menambah pasokan sumber air bersih, Pemko Payakumbuh membangun Embung Lurah Rawang di Kelurahan Aur Kuning, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Pembangunan Embung Lurah Rawang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR sebesar Rp 6,5 milyar.

"Ya, ini pembangunan embung ini lanjutan dari tahun sebelumnya. Sejauh ini berjalan lancar mencapai 40 persen dari pekerjaan," ujar Kepala Dinas PUPR Muslim, Jumat (23/8/2019).

Dengan adanya pembangunan Embung Lurah Rawang ini, berarti sudah ada 3 sumber air baku di wilayah Kota Payakumbuh setelah Embung Bulakan dan WTP Batang Agam. "Insya Allah akhir tahun ini pembangunannya bisa dirampungkan," ucap Muslim.

Menurut Muslim, dengan bertambahnya sumber air di Payakumbuh akan meningkatkan kapasitas penyediaan air minum yang dikelola PDAM. "Semakin melonjaknya jumlah pelanggan PDAM bisa diantisipasi dengan sumber air  baru ini di samping sumber air yang sudah ada," tuturnya.

Kota Payakumbuh bakal lebih mandiri lagi dalam memenuhi kebutuhan pasokan air bersih. Dimana selama ini Payakumbuh juga mengandalkan sumber air dari Kabupaten Limapuluh Kota yakni Batang Tabik dan Situjuah.  Selain untuk sumber air baku, pembangunan Embung Lurah Rawang juga bermanfaat untuk irigasi dan tempat rekreasi.

#Ryan #E2
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.