BKSDA Agam Cek Lokasi Kemunculan Beruang Madu di Kelok 35

LUBUKBASUNG (RangkiangNagari) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Sumatera Barat melakukan cek lokasi munculnya beruang madu atau Helarctos Malayanus di Kelok 35 Baroco, Kecamatan Matur yang sempat viral di media sosial beberapa hari lalu.

“Kami menurunkan tim untuk melakukan identifikasi lapangan dengan melihat tanda-tanda keberadaan beruang madu berupa jejak kaki, cakaran dan lainnya di lokasi munculnya beruang itu,” kata Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Sumbar, Ade Putra di Lubukbasung, Selasa (20/10/2020).Sebelum identifikasi lapangan, tim melakukan klarifikasi kepada warga yang mengunggah video tersebut ke media sosial atas nama Erni Yanti (30). Dari keterangan warga, video tersebut diambil salah seorang warga di Kelok 35 Baroco, Jorong Kuok Tigo Koto, Nagari Matur Mudiak, Kecamatan Matur, sekitar 15 hari lalu dan beruang madu itu juga muncul satu pekan lalu di dekat rumahnya.Menurutnya, beruang itu bersuara di depan rumah setiap malam. Beruang itu juga tampak bersama anaknya sedang berada di pohon sawo di depan rumah saat mengambil buah.

“Anak saya langsung lari melihat beruang madu itu dan menyampaikan kepada saya bahwa ada monyet besar di depan rumah,” katanya.

Mendapatkan keterangan itu, tim BKSDA Agam langsung ke lokasi temuan itu dengan menelusuri lokasi. Namun, tim tidak menemukan tanda-tanda beruang madu itu. Diduga beruang madu yang dilindungi UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya hanya melintas dan keluar dari hutan lindung dengan jarak satu kilometer dari lokasi.

“Kita mengimbau warga untuk waspada dan hati-hati saat berada di kebun,” katanya.

Salah seorang warga Barico, Ela (38) mengatakan beruang itu berjalan di depan rumah saat ia duduk bersama teman di depan rumah, Senin (5/10) sekitar pukul 13.47 WIB.

“Beruang itu terlihat kebingungan dan kami langsung mengiringi dari belakang. Melihat kami, beruang langsung lari ke hutan di depan rumah,” katanya.

Sebelumnya beruang tidak pernah muncul di daerah itu dan baru kali ini muncul.

 

#Ryan

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.