Latest News

Di RSUD Rasyidin Padang, Tiga Bulan Insentif Covid-19 Nakes Tak Dibayar

Padang (RangkiangNagari) – Insentif covid-19 untuk tenaga kesehatan di  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tahun 2021 belum ada kejelasan. Sedangkan insentif tahun 2020, selama tiga bulan tak dibayarkan.

Pembayaran insentif covid-19 untuk tenaga kesehatan (Nakes) pada tahun 2020, dibayarkan dari Januari hingga September saja. Lalu, bulan Oktober – Desember 2020 tak dibayarkan karena anggaran dana pusat tak tersedia lagi. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani menjawab Singgalang di Padang. Disebutkannya, insentif diberikan kepada dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya yang langsung menangani pasien covid-19. Artinya, hari-hari Nakes itu memang khusus menangani pasien positif covid-19.Insentif diberikan bervariasi, mulai dari Rp15 juta setiap bulannya untuk dokter spesialis, Rp10 juta dokter umum, Rp7,5 juta untuk perawat dan bidan serta Rp5 juta tenaga kesehatan lainnya.

“Kita belum bisa memastikan dalam tahun 2021 ini tetap berlanjut insentif tersebut, karena dananya berasal dari pemerintah pusat. Kendati demikian, kita meminta kepada Nakes tetap melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujar Feri Mulyani.

Lebih jauh disebutkan Feri Mulyani, RSUD pada tiga bulan terakhir juga tak mengirimkan SPJ Nakes tersebut untuk dibayarkan. kondisinya pun kebetulan, anggaran pusat untuk pembayaran insentif tersebut sudah tak ada.

“Dalam aturannya, RSUD Rasyidin Padang mengajukan SPJ insentif Covid-19, baru Dinas Kesehatan Kota Padang mencairkannya mengunakan dana pusat tersebut,” ulas Feri Mulyani.

Menurut Feri Mulyani, kendati belum ada kejelasan anggaran insentif covid-19 pada tahun 2021 ini tentu diharapkan pemerintah pusat meanggarkannya lagi. Sebab, insentif tersebut sangat menambah semangat dan daya juang Nakes dalam penanganan covid-19. Ditambahkannya, saat ini sudah terjadi penurunan pasien positif covid-19 di Kota Padang.

 

#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Di RSUD Rasyidin Padang, Tiga Bulan Insentif Covid-19 Nakes Tak Dibayar Rating: 5 Reviewed By: Umarzam