Lowongan CPNS untuk Lulusan SMA Dibuka

JAKARTA (RangkiangNagari) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo menyebutkan bahwa ada lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi lulusan SMA. Salah satunya adalah sipir penjara.Dia mengatakan lowongan untuk kualifikasi pendidikan SMA memang spesifik.

“Untuk SMA itu spesifik. Misal untuk sipir penjaga tahanan atau penjaga rutan. Itu tidak perlu keahlian yang khusus,” katanya dikutip dari video yang dibagikannya, Kamis (18/3/2021).Perlu diketahui bahwa Kemenkumham merupakan salah satu kementerian yang membuka lowongan bagi lulusan SMA sederajat .Pada 2019 lalu jumlah lowongannya pun mencapai ribuan yakni 3.532 formasi.

Dengan rincian lowongan untuk sipir atau penjaga tahanan sebanyak 2.875 formasi dan untuk pemeriksa keimigrasian pelaksana/Pemula disediakan sebanyak 657 formasi.Kementerian/lembaga lain yang pada tahun 2019 juga membuka lowongan bagi lulusan SMA sederajat antara lain Kejaksaan Agung, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Pertanian, BIN, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain lowongan jalur umum, lulusan SMA juga bisa menjadi CPNS melalui seleksi sekolah kedinasan. Dimana sebelum menjadi CPNS, para pelamar yang lolos seleksi sekolah kedinasan akan menjalani pendidikan dalam kurun waktu tertentu.Adapun kementerian/lembaga yang biasanya melakukan seleksi sekolah kedinasan antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

 

#Ryan

Labels: ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.