Latest News

Kakan Kemenag Pessel H. Abrar Munanda Kukuhkan Pengurus FK LPQ, BKS dan LDS IV Jurai

Painan (Rangkiangnagari) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), H. Abrar Munanda Mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (FK-LPQ) Kecamatan IV Jurai. Kegiatan itu berlangsung pada Rabu (31/3) bertempat di Hotel Anordio Painan.

Bersamaan dengan pengukuhan pengurus FK-LPQ tersebut juga dilakukan pengukuhan pengurus Badan Kerja Sama  Lembaga Pendidikan Qur'an (BKS-LPQ) dan Lembaga Didikan Subuh (LDS) Kecamatan IV Jurai. 

Kakan Kemenag Pessel, H.Abrar Munanda.Dalam arahannya pada acara tersebut,menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih pada segenap pengurus dan anggota forum atas terselenggara kegiatan itu. Bahkan  dalam kondisi hujan saat itu, kegiatan tetap bisa berjalan dengan lancar. 

"Saya mengucapkan selamat bertugas pada seluruh kawan-kawan pengurus dan anggota FK LPQ, BKS dan LDS Kecamatan IV Jurai. Semoga ke depan semua pengurus yang dikukuhkan ini  bisa bekerja dengan ikhlas dan amanah,"ucap H.Abrar Munanda. 

Dikatakannya, kehadiran FK LPQ, BKS dan LDS ditengah masyarakat islam sangat dibutuhkan sekali. Hal itu bisa menjawab kekhawatiran orang tua, terhadap rendahnya pendidikan agama  anak selama ini. Dengan adanya forum ini ke depan diharapkan bisa melahirkan para guru yang berkualitas. Sehingga  kurikulum dan model pembelajaran baru di LPQ juga dapat diwujudkan.

"Kita berharap kawan-kawan yang sudah dikukuhkan ini bisa menggali potensi untuk melahirkan kurikulum dan model pembelajaran baru terkait pendidikan Qur'an di masa mendatang,"harap Kakan Kemenag Pessel H. Abrar Munanda.

Dalam kesempatan itu, mantan Kakan Kemenag Kota Sanjai itu juga berpesan kepada guru LPQ di daerah ini. Semoga ke depan memiliki kepercayaan diri yang tinggi sebagai tenaga pendidik. 

Selain itu,juga diperlukan adanya peningkatan kualitas diri sebagai tenaga pendidik. 

"Kepada kawan-kawan guru LPQ diharapkan juga untuk terus belajar guna meningkatkan pengetahuan.Para guru diharapkan jugauntuk mengikuti kegiatan peningkatan SDM seperti Bimtek atau pelatihan,"tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama(KUA) Kecamatan IV Jurai, Betriadi,dalam laporannya menyebutkan. Kegiatan pengukuhan FK LPQ, BKS dan LDS tersebut dapat terselenggara berkat upaya dan kerjasama pengurus  LPQ yang ada di wilayah itu. Selain itu juga ada dukungan dan partisipasi para tokoh masyarakat. 

Dijelaskan Ka.KUA IV Jurai, Betriadi. Bahwa saat ini di wilayah kecamatan itu terdapat  85 buah LPQ. Dengan jumlah guru 309 orang dan Santri kurang lebih  5100 orang.

Selanjutnya,Betriadi juga melaporkan kondisi masjid dan musholla yang ada. Jumlah masjid 49 unit dan musholla sebanyak 71 unit. 

"Dapat kita laporkan kepada Bapak Kakan Kemenag. Bahwa bersama kawan-kawan penyuluh agama kita di KUA IV Jurai telah melakukan pendataan masjid dan musholla yang ada di wilayah ini,"terang Betriadi.

Plt Camat IV Jurai, Mirza Iswandi yang turut hadir dalam kesempatan itu. Dalam sambutanya,mengucapkan terima kasih atas acara pengukuhan sejumlah pengurus forum keagamaan itu. 

Sebagai pimpinan wilayah, Mirza Iswandi berharap pengurus FK LPQ,BKS dan LDS yang dikukuhkan dapat bekerja dengan baik. Pemerintah kecamatan,sebut Mirza Iswandi, juga siap mendukung rencana kerja dari forum ke depannya. 

Plt Camat IV Jurai, Mirza Iswandi dikesempatan itu juga mengatakan bahwa. Pada tahun 2021 insentif guru TPQ dan TPSQ masih bisa dianggarkan. Namun untuk pencairanya harus berbeda dari tahun sebelumnya. 

"Insentif guru TPQ pada tahun ini di cairkan dalam bentuk penggantian dana transportasi dengan sumber dana masih dari Dana Nagari.Hanya dengan cara itu tunjuangan tersebut dapat dibayarkan," terang Mirza Iswandi.

Selanjutnya, Mirza Iswandi mengajak kepada pengurus dan anggota forum LPQ untuk bekerja dengan baik dan Ikhlas. Apalagi saat ini tambahnya, tantangan sangat berat. Terutama semenjak adanya android. 

"Mari kita bersama-sama untuk mendidik putera puteri di wilayah ini dengan baik. Mulai dari orang tua, guru dan pemerintah harus bersinergi. Sehingga ke depan akan lahir generasi yang lebih baik lagi,"ajak Mirza Iswandi.

Hadir dalam acara pengukuhan FK LPQ, BKS dan LDS tersebut, Kasi PD Pontren Kemenag Pessel, H. Sudirman. Penyuluh Agama Fungsional dan Non PNS KUA IV Jurai dan para kepala LPQ se Wilayah kecamatan itu.  (Dodi)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kakan Kemenag Pessel H. Abrar Munanda Kukuhkan Pengurus FK LPQ, BKS dan LDS IV Jurai Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana