Latest News

OLIMPIADE TOKYO; Rahmat Sumbang Perunggu untuk Indonesia

JAKARTA (RangkiangNagari) – Indonesia menambah pundi-pundi medali di Olimpiade Tokyo melalui lifter Rahmat Erwin Abdullah yang menyumbang perunggu dalam cabang olahraga angkat besi kelas 73kg putra pada Rabu.Hasil ini di luar dugaan karena Rahmat Erwin berlaga di Grup B yang notabene bukan untuk persaingan medali. Bahkan, semula tim angkat besi Indonesia hanya menargetkan lifter 20 tahun itu masuk delapan besar.

Target tersebut dinilai realistis mengingat persaingan kelas 73kg putra cukup ketat dengan hadirnya lifter-lifter berpengalaman. Namun berkat kegigihannya, Rahmat Erwin yang tak diunggulkan sukses membuat kejutan dengan masuk tiga besar lewat total angkatan 342kg, dengan snatch 152kg dan clean and jerk 190kg.

Total angkatan tersebut sekaligus menjadi rekor terbaiknya, memperbaiki catatan sebelumnya 335kg yang dibukukan di Kejuaraan Asia di Taskent, April 2021.

Ia mampu melampaui total angkatan lifter-lifter tangguh yang tergabung di Grup A, seperti lifter Albania Calja Briken dengan 341kg, wakil Bulgaria Bozhidar Dimitrov (338kg), dan lifter AS Cummings Jr (325kg).Adapun medali emas di kelas 73kg putra menjadi milik lifter China Shin Zhiyong dengan total angkatan 364kg (snatch 166kg dan clean and jerk 198kg) yang sekaligus merupakan rekor baru dunia kelas 73kg putra.

Medali perak diraih oleh lifter Venezuela Mayora Pernia Julio Ruben dengan angkatan total 346kg (snatch 156kg dan clean and jerk 190kg).

Adapun medali emas di kelas 73kg putra menjadi milik lifter China Shin Zhiyong dengan total angkatan 364kg (snatch 166kg dan clean and jerk 198kg) yang sekaligus merupakan rekor baru dunia kelas 73kg putra.

Medali perak diraih oleh lifter Venezuela Mayora Pernia Julio Ruben dengan angkatan total 346kg (snatch 156kg dan clean and jerk 190kg).

“Saya sangat bersyukur. Medali ini saya persembahkan untuk keluarga saya, ayah dan ibu. Untuk seluruh masyarakat Indonesia, Kemenpora, Komite Olimpiade Indonesia (KOI), PB PABSI, serta semua yang sudah mendukung saya,” kata Rahmat usai pertandingan, dalam siaran pers KOI, Rabu.

Dengan tambahan satu perunggu, Indonesia per hari Rabu (28/7) telah mengoleksi 3 medali dengan rincian 1 perak dan 2 perunggu. Semuanya berasal dari cabang olahraga angkat besi.

Hasil tersebut menempatkan tim Merah Putih untuk sementara berada di posisi 39 dalam daftar peringkat perolehan medali Olimpiade Tokyo. Sedangkan Jepang kokoh di puncak dengan raihan 13 emas, 4 perak, 5 perunggu. 


#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: OLIMPIADE TOKYO; Rahmat Sumbang Perunggu untuk Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Umarzam