Serbia Pecundangi Portugal demi Pesan Tempat ke Qatar

JAKARTA (RangkiangNagari) – Tim nasional Serbia memesan satu tempat ke Qatar untuk tampil di putaran final Piala Dunia 2022 selepas mempecundangi tuan rumah Portugal 2-1 dalam laga pemungkas Grup A kualifikasi zona Eropa di Stadion da Luz, Lisbon, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Serbia membukukan kemenangan mereka secara dramatis sebab sempat tertinggal lebih dulu akibat gol cepat dan baru mengunci tiga poin lewat gol larut tepat di pengujung waktu normal.
Renato Sanches membawa tuan rumah memimpin lewat gol cepatnya saat pertandingan belum genap berusia dua menit, mengejar bola liar setelah Bernardo Silva mengganggu pergerakan Nemanja Gudelj di area pertahanan Serbia.

Serbia nyaris memberi jawaban instan, tetapi tembakan Dusan Vlahovic masih menghantam tiang gawang dan sambaran penyerang Fiorentina atas bola muntah malah melambung tinggi dari sasaran.

Kerja keras Serbia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-33, saat tembakan Dusan Tadic gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Rui Patricio yang membuat bola malah masuk ke gawang Portugal.

Kedua tim terus berjuang mencari kemenangan dan megabintang Cristiano Ronaldo tak kunjung mampu memimpin Portugal untuk mendapatkan gol yang mereka buru.

Portugal sebetulnya bisa melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 apabila meraih hasil imbang, tetapi hal itu buyar begitu saja tepat pada menit ke-90 saat Aleksandar Mitrovic mencetak gol untuk Serbia.

Berawal dari umpan silang menawan kiriman Tadic ke area tiang jauh, Mitrovic menyambutnya dengan tandukan memantul rumput yang cukup untuk memperdaya Patricio.

Ronaldo, nyaris merebut panggung pertandingan pada menit ketiga injury time lewat percobaan spektakuler yang sayangnya masih terlalu tinggi di atas mistar gawang dan melayang seperti harapan Portugal untuk meraih tiket otomatis Piala Dunia 2022.

Serbia berakhir menjadi juara Grup A dengan raihan 20 poin, menggusur Portugal (17) yang harus puas jadi runner-up dan akan melanjutkan perjuangan mereka ke Qatar lewat fase playoff, demikian catatan laman resmi UEFA.

Portugal masih menunggu hasil undian lawan mereka di babak semifinal playoff zona Eropa yang nantinya akan memperebutkan sisa tiga tiket putaran final Piala Dunia 2022 pada Maret tahun depan.

Dalam pertandingan Grup A lainnya, Republik Irlandia melanjutkan tren positif mereka dengan mengalahkan Luksemburg 3-0 saat bertandang ke kandang lawan.

Gol-gol Shane Duffy, Chiedozie Ogbene dan Callum Robinson membuat Irlandia kini melewati tiga laga kompetisi resmi tanpa kekalahan dan menangguk dua kemenangan.

Irlandia finis di posisi ketiga klasemen berbekal keunggulan selisih gol dibandingkan Luksemburg, kendati sama-sama mengoleksi sembilan poin.

 

#Rn

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.