Latest News

Dengan Tujuh Program Inovasi KUA IV Jurai Siap Bersaing Pada Penilaian KUA Inovatif Tingkat Sumbar

Painan (Rangkiangnagari) - Tampil dengan tujuh program inovasi. Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan IV Jurai, mewakili Kabupaten Pesisir Selatan pada penilaian  KUA Inovatif tingkat Sumatera Barat tahun 2021. 

Tim Visitasi dan Verifikasi Kanwil Kemenag Sumbar yang diketuai oleh Dr. H. Yasril. Pada Jum'at (24/12/21) telah mengunjungi KUA IV Jurai untuk melakukan penilaian lapangan. 

"Kedatangan kita hari ini untuk melakukan tinjauan lapangan terhadap KUA IV Jurai. Ini merupakan tahapan awal dari penilaian KUA Inovatif tingkat Sumbar," ungkap H. Yasril pada wartawan media ini.

Selanjutnya, dijelaskan H.Yasril. Bahwa program  Penilaian KUA Inovatif merupakan upaya Kanwil Kemenag Sumbar dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di daerah ini. Menurutnya, KUA Inovatif juga merupakan Program Strategis layanan Kementerian Agama. 

"Kita berharap KUA tidak hanya berfikir tentang, Nikah, Talak dan Rujuk saja. Namun juga dapat merealisasikan Program Strategis Kementerian Agama, seperti Moderasi Beragama dan Revitalisasi KUA," harapnya.

Sementara itu Kepala KUA IV Jurai Betriadi pada kesempatan itu menyampaikan. Bahwa pihaknya selama ini terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Bahkan menurutnya ada tujuh program inovasi yang telah dilakukan KUA setempat. 

Adapun ketujuh program Inovasi KUA IV Jurai tersebut adalah. Pertama Palanta Sakinah, yakni pusat Informasi dan Edukasi melalui chanel YouTube.

Kedua Program Mis D'Lima ( Minta satu dapat lima), bagi pasangan pengantin yang melakukan pernikahan diberikan. Buku Nikah, Kartu Nikah, Sertifikat Binwin, KTP dan KK identitas baru. 

Ketiga, program KUA Sejuk (Serap informasi jemput Komunikasi). Keempat, Jum'at berkah. Yakni program sebuah kegiatan berbagi sembako dengan masyarakat miskin di wilayah itu. Kegiatan itu dilakukan setiap hari Jumat. Bahkan seiiring berkembagnya waktu KUA IV Jurai bisa melakukan bedah rumah warga tidak layak huni di Kampung Karang Sago Nagari Sago Salido.

Kelima, program Bila KUA (Bina Lansia oleh KUA).Yakni, Program memberikan pembinaan keagamaan oleh penyuluh agama  bagi warga lansia sekitar. Seperti mengajar mengaji dan ilmu keagamaan lainnya.

Selanjutnya, program Biru Rusa (Bina Rohani Rumah Sakit) kegiatan ini Kerjasama dengan Rumah Sakit Umum BKM Sago. Terakhir, Program Tazkiah (Tahsin, Zikir dan Pembinaan Jamaah)

Hadir pada Penilaian KUA Inovatif di KUA  IV Jurai tersebut yakni, Kasubag TU Kemenag Pessel, Yossef Yuda, Kasi Bimas, H. Firdaus,serta segenap ASN KUA setempat. (Dodi)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dengan Tujuh Program Inovasi KUA IV Jurai Siap Bersaing Pada Penilaian KUA Inovatif Tingkat Sumbar Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana