Latest News

Pasca Gempa di Tigo Nagari, Hal ini yang dilakukan Polres Pasaman

Pasaman (Rangkiangnagari) - Akibat terjadinya bencana alam gempa bumi dan longsor  di Kabupaten  Pasaman pada hari Jumat tanggal 25/02 , meninggalkan banyak duka bagi masyarakat.

Daerah yang paling dirasakan dampaknya di daerah Kabupaten Pasaman diantaranya, Nagari Malampah , Nagari Binjai ,Nagari ,Nagari Ladang Panjang.

Upaya pemulihan sarana dan prasarana terdampak daerah yang terdampak gempa dan longsor tersebut  terus di lakukan oleh berbagai pihak.

Jajaran polres Pasaman dalam hal ini telah banyak melakukan aksi kemanusian dibeberapa titik, diantaranya diawali dengan pendirian tenda tenda pemondokan. Bagi korban , selain itu guna menunjang kebutuhan sanitasi bagi warga pengungsi disekitar tenda.

Pihak polres Pasaman dan personil gabungan Satbrimob Polda Sumbar  saat ini sedang mendirikan MCK Darurat yang dibangun di Posko Pengungsi SD 20 Malampah dan Aur Siparayo Nagari Malampah Kecamatan  Tigo Nagari.di dua  lokasi tersebut dibangun  masing-masing  4 kamar mandi (laki dan wanita), 4 toilet (laki dan wanita) serta 1 tempat mencuci. Muda mudahan akan selesai seminggu kedepan , selain itu juga dibangun  Dapur Umum,  Tangki air bersih. Genset dan Aliran Listrik ujar Kapolres Pasaman AKBP .Fahmi Reza.

Sementara itu pada hari Senin tgl 28 Februari 2022,  pihak nya juga melakukan  pengamanan Gudang Bantuan dan Proses Pendistribusian Bantuan Gempa kepada Masyarakat yg terdampak bencana. dalam kegiatan tersebut dilibatkan sebanyak  10 Personel Satbrimob Polda Sumbar. Ucapnya.

Selain  itu Polres Pasaman juga melakukan pengamanan terhadap penyaluran Bantuan dari Kemensos RI.yang  bertempat di Kantor Wali Nagari Malampah Kec. Tigo Nagari,   dimana penyaluran bantuan tersebut  dilaksanakan oleh Wali Nagari Malampah beserta Staf, dan di bantu oleh  20 orang Personel Polres Pasaman dipimpin oleh Iptu Yusrawarman dan 5 (lima) orang Personel TNI.

Dalam kegiatan yang sama  juga dilaksanakan pengamanan kunjungan kerja  Gubernur Sumbar, saat Peninjauan Posko Bencana Pengungsi di SD 20 Malampah dan Lokasi bencana Kampuang Rawang Jorong Bukik Lintang Kec. Tigo Nagari.dalam pengamanan tersebut di pimpin langsung  oleh Kasat Samapta AKP Yoni Handra beserta anggota.

Dihari berbeda juga dilaksanakan bantuan kemanusiaan berupa  sembako, perlengkapan bayi, dan tikar oleh Bhayangkari Cabang Pasaman, yang di serahkan langsung oleh Ketua Bhayangkari Cabang Pasaman Ny. Indira Fahmi bersama 5 Orang Pengurus Bhayangkari Cabang Pasaman.  terhadap para korban yang berada di tenda pengungsian.

Dalam kegiatan yang sama Personel Polres Pasaman juga  melakukan pendistribusian Bansos yg berasal dari Polres Jajaran Polda Sumbar.

Sampai saat ini personil Polres Pasaman masih berada di lokasi terdampak gempa dan tenda tenda pengungsi, disamping itu juga mendirikan Posko Bencana Polri di sekitar lokasi pengungsian , Tutup AKBP Fahmi Reza.

Di lokasi  lain dalam daerah yang sama  juga  dilaksanakan Kegiatan pencarian 5 orang  warga yang diduga hanyut oleh sungai daerah setempat saat gempa terjadi, dalam pencarian warga tersebut   melibatkan Personel Satbrimob Polda Sumbar, Sat Samapta Polda Sumbar, Basarnas dan BPBD,

Dan di bantu dengan  Peralatan Mobil Rescue dan K-9 Sat Samapta Polda Sumbar.

Disamping itu Polres Pasaman juga melaksanakan Koordinasi dengan pihak  PDAM Tirta Pasaman Saiyo guna  penyediaan air bersih di Lokasi Pengungsian. 

Kita juga melakukan kerjasama dengan Manajer Telkomsel Sumbar Alfi Sumarta untuk penyiapan alat penguat Sinyal di Lokasi Bencana hal tersebut dilakukan untuk kemudahan komunikasi ,  Tambah Fahmi Reza.

Ia juga menyebutkan ,guna peningkatan kenyamanan dan penerangan di lokasi pengungsian pihak Polres Pasaman telah ber koordinasi dengan pihak PLN untuk  menghidupkan Aliran Listrik ke Posko Pengungsian , Tutupnya, (Tio)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pasca Gempa di Tigo Nagari, Hal ini yang dilakukan Polres Pasaman Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana