Malam Puncak Duta GenRe dan Apresiasi PIK-Remaja, Fajar Alghifari dan Yovani Dinobatkan Duta Genre Limapuluh Kota 2022

Limapuluh Kota (Rangkiangnagari) - Fajri Ahmad Syafril dan Elva Yulianti berhasil menyisihkan 14 finalis lainnya di ajang Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Limapuluh Kota 2023. Keduanya berhasil tampil gemilang dan berhasil memikat Dewan Juri sehingga dinobatkan menjadi duta Genre Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2023. Sebelum Grand Final keduanya bersama kontestan lain telah menjalani seleksi berjenjang, yang telah dimulai dari bulan Januari lalu.

Pasca terpilih selaku Duta GenRe Limapuluh Kota, pasangan Fajar dan Yovani yang keduanya berasal dari Kecamatan Akabiluru bakal bertugas mempromosikan program GenRe di Lingkungan masyarakat serta mampu meningkatkan kapasitas dan kreativitas remaja di Limapuluh Kota. Malam Grand Final Pemilihan Duta GenRe Limapuluh Kota berlangsung di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sabtu malam (20/05/2023). Tidak hanya pemilihan Duta GenRe, pada acara tersebut juga diberikan anugerah kepada Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) SMA 1 Lareh Sago Halaban selaku PIK-R terbaik di Limapuluh Kota. Bertemakan 'Ekspresikan Diri, Lakukan Aksi', turut hadir pada malam puncak, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo didampingi Ketua TP PKK Nevi Safarudddin sekaligus Ayah dan Ibu Duta Genre Limapuluh Kota, Ketua DPRD Deni Asra, Kepala BKKBN Sumbar Fatmawati, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Limapuluh Kota. 

Berbagai pertunjukan seni musik maupun tarian ditampilkan oleh finalis Duta GenRe dan mampu menghipnotis masyarakat yang hadir memadati aula yang berlokasi di Bukit Limau tersebut. Tidak hanya itu, yel-yel digelorakan masing-masing pendukung kontestan turut menyemarakkan ajang tahunan besutan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBPPPA).

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo yang hadir membuka pagelaran pemilihan duta GenRe menyampaikan pesan-pesannya kepada segenap kontestan agar mereka mampu menjadi representasi pemuda yang diteladani bagi generasi muda Limapuluh Kota nantinya. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan DP2KBPPPA yang telah menyelenggarakan pemilihan Duta Genre Limapuluh Kota, semoga para generasi muda terpilih ini memberikan kontribusi dalam pembangunan SDM dan dapat jadi role model bagi teman sebayanya," ucap Bupati. Tidak hanya itu, para duta nanti diharapkan perannya dalam pembangunan keluarga di Limapuluh Kota melalui promosi kesehatan keluarga dalam upaya membentuk generasi kuat dan sehat.

Bupati Safaruddin juga menyampaikan betapa pentingnya Program Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di sekolah-sekolah. "Generasi muda perlu menjaga kesehatan dalam menghadapi tantangan dan tumbuh secara optimal, untuk itu, saya berharap sekolah-sekolah di Limapuluh Kota memiliki PIK-R serta membentuk forum Genre dalam upaya mendukung mewujudkan Limapuluh Kota yang Madani, Beradat, dan Berbudaya," utas Bupati Safaruddin.

Ketua panitia sekaligus Kepala Dinas DP2KBPPPA, Ayu Mitria Fadri dalam laporannya menjelaskan, antusiasme pemuda-pemudi Limapuluh Kota sungguh luar biasa, hal itu terbukti dari 13 kecamatan yang ada, terdapat ratusan orang yang ikut mendaftarkan diri menjadi duta GenRe. “Tahapan pelaksanaan pemilihan duta GenRe kita mulai dari tingkat kecamatan Januari lalu, lalu terpilihlah wakil di tiap kecamatan,” jelas Ayu. Kemudian dikatakannya, kehadiran duta GenRe sangat penting bagi Limapuluh Kota dalam penurunan angka stunting dan penurunan angka pertumbuhan penduduk serta sebagai upaya dalam mendukung visi dan misi Kabupaten Limapuluh Kota di sektor sumber daya manusia.

Ayu berharap, kesuksesan penyelenggaraan pemilihan Duta GenRe dapat menjadi motor penggerak kesehatan remaja di Limapuluh Kota yang dimulai dari tingkat Nagari, Kecamatan hingga Kabupaten Limapuluh Kota. (Rn)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.