Sembilan Kecamatan di Agam Dilanda Angin Kencang

LUBUK BASUNG (RangkiangNagari) – Akibat hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang di wilayah Agam sejak pukul 10.30 WIB hingga 14.30 WIB mengakibatkan terjadinya bencana alam di 9 kecamatan.

Kepala Pelaksana BPBD Agam Bambang Warsito, Senin (8/5) menjelaskan, daerah Lubuk Basung yang terdampak bencana tersebut, yaitu pohon tumbang atau angin kencang di Simpang Tembok Nagari Lubuk Basung.
“Bencana yang terjadi menimpa 1 unit kedai/rumah dan menimpa 1 unit motor merk honda dan segera pembersihan material, ” katanya.

Bencana lainnya di Belakang DPRD Agam yaitu material pohon tumbang menutupi ruas jalan perumahan.
Selain itu di Simpang Ampek Tangah Nagari Lubuk Basung menimpa 1 unit rumah pada bagian teras, kamar dan ruang tamu, kondisi rusak ringan.

Di Balai salasa Nagari Kampung Pinang dinding rumah bagian atas dan menimpa loteng rumah. Sedangkan di Padang Tagak Jorong Batuhampa Nagari Manggopoh menimpa 2 unit rumah, kondisi rusak sedang.
Bencana lainnya di Balingkuang Kubu Anau Nagari Manggopoh menutupi sebagian akses jalan nagari dan di Titisan Tunggang Jorong V sungai Jariang menutupi sebagian akses jalan.

Adapun bencana yang terjadi di Kecamatan Tanjung Mutiara diSimpang Bancah Dusun I Banda Gadang Nagari Tiku Selatan menimpa atap rumah dan kabel listrik, di Pantai Pasia Tiku Nagari Tiku Selatan menutupi ruas jalan menuju pantai dan menimpa 1 unit motor.
Sedangkan di Depan Polsek Tanjung Mutiara Nagari Tiku Selatan menutupi sebagian ruas jalan lintas Manggopoh – Padang.
Bencana lainnya terjadi Padang Tui Jorong Gasan Kaciak Nagari Tiku Selatan menimpa 1 unit rumah.

Di Kecamatan Tanjung Raya di Jorong Arikia Nagari Dalko Kecamatan Tanjung Raya material pohon tumbang menutupi ruas jalan sehingga arus jalan tertutup total.

Kecamatan Palupuh di Jorong Palupuh Nagati Pasia Laweh menimpa bangunan penyuluh KB, dan di Jorong Sarik Bateh Sariak Nagari Nan Limo Kecamatan menimpa kabel listrik dan mengganggu ke jalan Lintas Bukittinggi – Medan.

Di Kecamatan Malalak di Jorong Balai Saru Nagari Malalak Selatan menimpa 1 unit rumah warga.

Di Kecamatan IV Koto di Sutijo Kecamatan IV Kotomenutupi ruas jalan nagari.

Di Kecamatan Baso di Jalan Raya Bukittinggi Payakumbuh depan IPDN Nagari Sungai Cubadak menutupi sebagian ruas jalan raya sehingga menghambat akses jalan raya.

Juga di Kecamatan Ampek Nagari di Jorong Puduang Nagari Bawan menutupi ruas jalan sehingga akses jalan tertutup total.

Sedangkan di Kecamatan Palembayan di Jorong Silungkang Nagari Tigo Koto Silungkang menimpa 2 unit rumah.

Pada sebagian lokasi bencana angin kencang tersebut sudah ditangani dengan sebaik baiknya, dan sebagian lainnya belum tertangani serta dilakukan secara bergantian dan bertahap sesuai personil dan sarana dan prasarana yang ada.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.