Bupati Rusma Yul Anwar Hadiri Pelantikan Bamus se Kecamatan IV Jurai

Painan (Rangkiangnagari) - Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rusma Yul Anwar, menghadiri acara Pengambilan Sumpah/Janji dan Pelantikan, Badan Musyawarah Nagari (Bamus) se Kecamatan IV Jurai, Kamis (14/12) di Gedung UDKP setempat. Dalam sambutanya,Bupati Rusma Yul Anwar minta agar Bamus dan Wali Nagari bisa menjadi mitra kerja yang baik. Keduanya harus memahami tugas dan fungsi masing-masing, agar roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik. 

Kepada Wali Nagari, Bupati Rusma Yul Anwar juga menyarankan agar bisa memberikan ruang bagi Bamus untuk membangun nagari. Keduanya diminta untuk tidak mengedepankan ego masing-masing. 

"Bamus dan Wali Nagari adalah mitra kerja, keduanya harus memiliki titik pandang yang sama untuk bisa bersama dalam membangun nagari," ujar Bupati Rusma Yul Anwar. 

Dalam kesempatan itu Bupati Rusma Yul Anwar juga menghimbau agar ke depan Bamus juga bisa melahirkan Peraturan Nagari (PERNAG) sebagai salah satu tugas. Namun diharapkan Pernag yang dilahirkan juga bisa eksekusi dan tidak hanya sekedar peraturan.

"Bamus hendak dapat melahirkan Pernag seperti Peraturan Ternak.  Kalau peraturan itu ada ke depan, mungkin tidak akan ada lagi ternak, seperti sapi yang berkeliaran di jalan-jalan nagari," terang Rusma Yul Anwar. 

Terakhir, Bupati Rusma Yul Anwar juga mengucapkan Selamat atas Dilantiknya Bamus se Kecamatan IV Jurai. Semoga dapat menjalankan tugas dengan baik. 

Sementara itu Camat IV Jurai, Ferro Yuanda Putri, dalam sambutannya juga menyampaikan selamat atas dilantiknya Bamus se Kecamatan IV Jurai. Ia juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian Bamus yang lama. 

"Kami atas nama jajaran Camat IV Jurai mengucapkan selamat pada Bamus yang dilantik dan ucapan terima kasih bagi Bamus yang lama," ujar Camat Ferro Yuanda Putri. 

Selanjutnya, Camat IV Jurai, Ferro Yuanda Putri juga berharap agar Bamus bisa bekerja untuk meningkatkan pembangunan di nagari di masa mendatang. 

Selain itu Bamus juga diharapkan dapat penyalur aspirasi dan mitra kerja Wali Nagari. Mengawasi pengelolaan keuangan sehingga tidak terjadi persoalan yang dapat memperlambat proses pembangunan.  

Yulidesmi,Wakil Ketua Bamus Salido Sari Bulan. Mewakili Bamus yang baru dilantik dalam sambutannya meminta agar ke depan ada pembinaan Bamus oleh pemerintah daerah. Hal itu sebutnya penting agar Bamus memiliki wawasan luas dan bisa mengetahui tugas dan fungsi. 

Yulidesmi juga menyampaikan bahwa Bamus siap untuk bekerja sama dan menjadi mitra yang baik bagi pemerintah nagari ke depannya. 

Pelantikan Bamus se Kecamatan IV Jurai dihadiri oleh Bupati Rusma Yul Anwar. Sekretaris DPMD Pessel, Mar Alamsyah, Forkopimca, Wali Nagari Pengurus KAN, Bamus dan lainya. Bamus yang dilantik tersebut sebanyak 70 orang dari 14 Nagari di Kecamatan IV Jurai untuk Periode 2023- 2029. (Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.