Padang (Rangkiangnagari) - Wali Kota Padang Fadly Amran menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang pada Rabu, (5/3) untuk memastikan bahwa pelayanan publik tetap berjalan optimal meski di bulan Ramadan.
Dalam sidak tersebut, Fadly memantau langsung berbagai layanan administrasi kependudukan seperti pembuatan KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan dokumen penting lainnya. Wali Kota menekankan pentingnya kualitas layanan yang tetap prima, terutama di bulan suci yang penuh berkah ini.
Fadly mengapresiasi kinerja Disdukcapil, yang menurutnya telah menunjukkan profesionalisme dan integritas tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Alhamdulillah, proses pelayanan yang diberikan Disdukcapil berjalan baik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” ujarnya.
Ia juga menyoroti peningkatan layanan secara online yang kini tersedia 24 jam, memberikan kemudahan dan akses lebih bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan di luar jam kerja, sebagai bagian dari upaya mendukung program 100 hari kerjanya.
Selain itu, Fadly Amran juga menegaskan pentingnya peningkatan sarana dan prasarana di kantor dinas yang berada di gedung eks SMAN 1 Padang tersebut.
Menurutnya, pelayanan publik harus menjadi prioritas utama dalam penyelenggaraan pemerintahan.
"Kantor Disdukcapil harus representatif, agar pengunjung merasa nyaman dan terlayani dengan baik," tuturnya. Sebagai langkah lanjutan, ia berencana melakukan perbaikan untuk mendukung kenyamanan warga yang datang ke kantor tersebut.
Dalam kunjungan ini, Fadly Amran juga mengunjungi beberapa instansi terkait lainnya di kawasan yang sama, seperti Kantor DPMPTSP dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang.
Kunjungan tersebut diiringi oleh beberapa pejabat terkait, termasuk Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, serta Kepala Disdukcapil Teddy Antonius, yang semuanya turut berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Padang.(Ayu)