Kuliah Umum di UNP, Anwar Ibrahim Kagumi Banyak Tokoh Minang

PADANG(RS) – Anggota Parlemen Malaysia, Dato’ Seri Anwar Ibrahim menilai, kekuatan budaya di Ranah Minangkabau menjadi landasan yang mengantarkan daerah ini melahirkan banyak tokoh besar di Indonesia. Sebagian besar menjadi tokoh yang menginspirasi dirinya dalam perjalanan politiknya yang penuh liku di negeri jiran itu.

“Pejuang, sastrawan, budayawan Ranah Minang, termasuk ulama Buya Hamka, banyak memberi ‘pendedahan’ dan mendidik saya,” ungkap Anwar saat memberi kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa, civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP) di auditorium kampus tersebut, Minggu (28/10).

Anwar tidak menampik jika di wilayah lain di Indonesia, seperti Jawa, Makassar dan Kalimantan juga telah melahirkan tokoh-tokoh besar. Namun dinilainya tidak sebanyak yang berasal dari Ranah Minang, daerah yang disebutnya negeri serantau. Seharusnya hal ini menurutnya menjadi pertanyaan besar bagi generasi muda Minangkabau saat ini. Apalagi, kini, tokoh Minang mulai berkurang di level nasional.

Dia mengutip Pemikir Prancis, Roger Garaudi yang mengatakan, untuk mengenang jasa para tokoh-tokoh itu, generasi muda tak cukup sekadar membakar menjadi abu. “Harusnya menyemarakkan semula semangat dan ilmu mereka,” ujarnya.

Kekagumannya pada tokoh-tokoh dari Ranah Minang, karena tindakan mereka (para tokoh-Red) selalu dilandasi akhlak, nilai, moral, dan etika. “Kalau dalam Islam, kita tahu asas Islam adalah uswatun hasanah, yaitu contoh terbaik, karena akhlak,” ujarnya di acara yang juga dihadiri tokoh-tokoh penting Malaysia.

#Ryan
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.