Jadi Narasumber Pesantren Ramadhan SMAN 1 Payakumbuh, Wawako Harapkan Generasi Kuat Mental Berdaya Saing

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Dalam pelaksanaan pesantren Ramadhan di SMAN 1 Payakumbuh, 18 s/d 29 Mei 2019, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir sebagai narasumber dengan tema ''Kewirausahaan Dalam Islam'', Jumat (24/5/2019).

Kehadiran wawako yang didampingi Kabag Kesra disambut hangat oleh Kepala Sekolah dan guru, serta ratusan siswa. Diawal materinya di SMANSA (panggilan tren SMAN 1 Payakumbuh - red) itu, Wawako bertanya kepada para siswa apakah sudah ada yang melakukan kegiatan perniagaan.

''Apakah sudah ada yang berwirausaha?, apakah ada yang berjualan?, diumur berapa?, dan siapa yang tidak pernah jualan?, Berarti kalian pengusaha dong!'', tukas wawako mencairkan suasana.

''Berniaga itu bagus, kalau sudah melakukan sedari dini, berarti kita adalah calon pengusaha, kenapa harus berdagang? Karena 9 dari 10 nasehat rasulullah, kunci suksesnya adalah berdagang,'' ujar wawako.

Wawako menerangkan bagaimana kondisi sekarang zaman sudah terjadi pergeseran, dulu orang tua melepas anak merantau, yang dipesankan adalah berpandai-pandai di rantau, mungkin saja nanti tidak cukup bekal dari kampung.

''Sedangkan sekarang orang tua bukan berpesan demikian, malah hanya berpesan untuk rajin belajar saja kepada anaknya, sugesti tersebut merubah orientasi dari sang anak ketika di rantau,'' ungkap Erwin.

Ditambahkan, dengan begitu mudahnya alat komunikasi, banyak generasi muda yang tidak siap menghadapi tantangan zaman, apalagi dengan akses komunikasi yang begitu mudah kepada keluarga, sehingga tak ada ketakutan bagi seorang anak ketika tidak memiliki uang saat berusaha di rantau orang.

''Tidak ada fighting spirit, terjadi degradasi umat, karena hanya lahir generasi yang dipertaruhkan untuk belajar. Kita kehilangan kekuatan, karena begitu banyak jumlah orang lemah berekonomi sehingga perniagaan tidak lagi dikuasai umat,'' terangnya.

Wawako mengajak dan mengharapkan siswa untuk memiliki tekad dalam hati sebagai umat Rasulullah, memiliki semangat berwirausaha yang akan menjadi penguasa masa depan yang kuat mental dan berdaya saing.

''Kuasai perniagaan, kuasai ilmu tersebut dengan sungguh-sungguh, milikilah tekad seperti Rasulullah, semoga semangat itu tumbuh dalam diri generasi muda, jangan kehilangan harapan,'' harap Wawako

Kepala SMAN 1 Payakumbuh Erwin Satriadi mengapresiasi kehadiran wawako di sekolah yang dipimpinnya. Menurutnya, Wawako sangat komit dengan pembinaan generasi muda, dan perhatian dengan setiap sekolah yang ada di Payakumbuh.

''Semoga berkesempatan lagi untuk datang ke SMANSA, karena pada hari Sabtu besok, penutupan dan sekaligus penjemputan siswa yang masih dalam karantina Tahfiz untuk menghafal 10 Juz Alqur'an, akan dilaksanakan,'' pungkasnya.

#Ryan #E2
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.