Lahan Perkebunan di Agam Diduga Sengaja Dibakar

LUBUK BASUNG (RangkiangNagari) – Tiga hektare lahan perkebunan di Bukit, Jorong Angge, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, diduga dibakar warga dengan inisial IZ (59) pada Rabu (18/9).

Kapolsek Palupuah Iptu Syafril membenarkan lahan milik masyarakat itu sengaja dibakar pada Rabu (18/9) sekitar pukul 14.00 lahan itu rencananya akan ditanami tanami serai.

“Saat ini, kami sedang memeriksa 18 orang yang melakukan pembakaran di lahan itu. Informasinya, pemilik lahan tinggal di Bukittinggi. Kami sedang dalami pemeriksaan terhadap 18 orang itu,” kata Syafril kepada wartawan melalui selular, Kamis (19/9).

Ia menjelaskan, secara kasat mata luas lahan yang dibakar itu sekitar 3 hektar, namun Dinas Kehutanan akan menghitung secara pasti berapa luas lahan yang dibakar.

Menurutnya, lahan yang dibakar itu berdekatan dengan hutan lindung, sampai saat ini api sudah padam, jika hutan lindung yang terbakar maka jelas ada unsur pidananya.

“Saat ini, daerah kita sedang mendapat kiriman asap dari provinsi tetangga. Oleh sebab itu, kita sudah melakukan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan. Baliho Kapolda yang larangan membakar lahan sudah kita pasang di sini, namun tidak diindahkan masyarakat,” tutupnya

Sementara petugas dari BKSD dan Dinas Kehutanan lingkungan hidup Kabupaten Agam informasinya, Kamis (19/9) juga sudah meninjau lokasi kebakaran itu.

#Ryan
Labels: , , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.