PFI Pamerkan Foto-foto Gempa di Grand Inna Padang

PADANG (RangkiangNagari) – Jelang peringatan 10 tahun gempa di Sumatera Barat, salah satu organisasi pewarta, yakni Pewarta Foto Indonesia (PFI) Padang menggelar pameran foto gempa bekerjasama dengan BPBD Sumbar di Grand Inna Muara.

Pada gelaran pameran foto ini, PFI Padang akan memamerkan seluruh karya foto pewarta foto yang ada di Sumbar. Seluruh karya foto ini sengaja dipajang untuk mengenang 10 tahun gempa.

“Acara ini diprakrasai oleh BPBD Sumbar. Kita diajak untuk menyemarakkan peringatan sepuluh gempa di Sumbar, dengan menampilkan karya foto terbaik oleh pewarta foto yang ada di Sumbar,” kata Ketua Panitia pameran foto PFI Padang, Muhammad Arif Pribadi.

Pada pameran ini katanya, juga memamerkan foto-foto gempa yang ada di Sumbar. “Jadi ada perbandingan, ketika gempa dan setelah gempa. Kita sengaja memamerkan perbandingan ini untuk memberitahukan masyarakat, kebangkitan Sumbar setelah gempa dan ketika gempa,” ujar Arif.

Dikatakan, pameran ini sengaja dipusatkan di Grand Inna Muara mulai Senin (30/9). Di sana, dipajang puluhan foto hasil karya pewarta foto yang ada di Sumbar, termasuk foto pemenang Adinegoro, yang mana pemilik karya ini dulunya pewarta foto Singgalang, Muhammad Fitrah.

‎”Pameran ini juga disupprot oleh Grand Inna Muara Hotel. Mereka memfasilitasi tempat untuk dipajang hasil karya pewarta foto yang kita jadikan pameran,” kata pewarta foto Antara ini.

Terakhir Arif mengatakan, pameran foto ini terbuka untuk umum, Masyarakat bisa melihat langsung peristiwa yang meluluhlantakkan kota Padang merenggut ribuan jiwa nyawa pada saat gempa besar melanda Sumbar.

“Kita tidak boleh melupakan peristiwa ini, ini suatu pelajaran buat kita. Untuk ke depan bisa lebih siap menghadapi bencana gempa ataupun tsunami. Sebab, di salah satu karya foto yang dipajang ini kita juga tampilkan foto saat simulasi bencana dan trauma helling untuk para korbannya,” tutupnya. 

#Ryan
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.