Jalur Kampung Teleng-Muaro Kalaban Bakal Dilalui Mak Itam

SAWAHLUNTO (RangkiangNagari) – Jalur kereta api Kampung Teleng-Muarokalaban, Sawahlunto sepanjang 5 kilometer akan difungsikan lagi sebagai jalur operasional lintasan kereta api wisata lokomotif uap E 1060 ‘Mak Itam’.

“Dijadwalkan waktu dekat ini kita tugaskan memetakan kondisi jalur rel dan lingkungan yang perlu dibenahi,” kata Kepala Balai Perkeretapian Wilayah Sumbar, Suranto, Rabu (9/10).

Ia mengatakan, standar keselamatan dan aspeknya jalur rel harus dipenuhi sebelum kereta api Mak Itam dioperasikan lagi. Mengawali semua itu, tim Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan Balai Perkeretaapian Wilayah Sumbar serta pihak PT. Kereta Api Indonesia sudah meninjau, sebelum bertemu dengan Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti.

Sebelumnya, Walikota Sawahlunto Deri Asta pernah bertemu dengan Direktur Keselamatan Perkeretaapian PT KAI, Edi Nursalam yang menyarankan Walikota Deri Asta mengajukan permohonan kepada Dirjen Perkeretaapian, di Kementerian Perhubungan. Soalnya kewenangan itu ada di Kementerian Perhubungan.  “Beroperasi kembali kereta api Mak Itam dengan diperbaiki jalur rel mimpi yang sudah lama dirindukan Warga Sawahlunto.

#Ryan
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.