Rosiana Silalahi Anggota Dewan Kehormatan PWI

JAKARTA (RangkiangNagari) – Pemimpin Redaksi Kompas TV, Rosiana Silalahi diangkat menjadi anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat menggantikan Peter F Gontha yang mengundurkan diri. Keputusan tersebut diambil dalam rapat pengurus DK PWI yang dipimpin Ketua Ilham Bintang, Kamis (21/11) di Kantor PWI Pusat.

Peter F Gontha mengundurkan diri setelah ia menjadi anggota Dewan Pakar Partai Nasdem. Ilham Bintang mengatakan sesuai Peraturan Dasar PWI Pasal 26 ayat 3 yang menyebutkan pengurus PWI tidak boleh merangkap jabatan pengurus partai politik, maka pengunduran diri Pak Peter mendapat apresiasi karena memberi contoh yang baik.

“Itu semua demi tegaknya disiplin organisasi dan kami salut serta berterima kasih” katanya.
Dengan demikian susunan lengkap DK PWI Pusat terdiri dari Ketua Ilham Bintang, Sekretaris Sasongko Tedjo, dengan Anggota Karni Ilyas, Asro Kamal Rokan, Rosiana Silalahi Suryopratomo, Tri Agung, Teguh Santosa dan Rajapane.

Dalam kesempatan itu Ilham Bintang juga menyampaikan DK PWI ke depan akan lebih responsif menanggapi kasus kasus pers khususnya yang terkait pelanggaran kode etik jurnalistik

Sekarang PWI bahkan telah memiliki Kode Perilaku Wartawan yang akan mengawasi praktek jurnalistik yang profesional dan beretika. Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers menekankan pengawasan terhadap pers dapat dilakukan oleh masyarakat.

Untuk itu DK PWI bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat ( MPR ) akan keliling tanah air untuk melakukan sosialisasi dan literasi ke masyarakat. Pengawasan masyarakat dirasa penting dan untuk itu mereka perlu dibekali pemahaman kode etik jurnalistik dan kode perilaku wartawan.

Ketua MPR Bambang Susatyo menyambut baik rencana itu karena tegaknya pers yang profesional.dan beretika akan memperkuat konstitusi, demokrasi dan pilar pilar kebangsaan lainnya ” Jadi tugas MPR dan pers itu seiring sejalan” kata Bambang.

Rosianna Magdalena Silalahi adalah presenter berita dan Mantan Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV. Saat ini Rosi begitu panggilan akrabnya merupakan Pemimpin Redaksi dari news channel Kompas TV. Isteri Dino Gregory Izaak itu lahir 26 September 1972 di Pangkal Pinang. Alumnus Universitas Indonesia pernah meraih pengharggaan di bidang jurnalistik dan presenter televisi, diantaranya penghargaanPanasonic Gobel Award untuk Presenter Berita Terfavorit, dan berkali- kali menjadi Nominee Panasonic Gobel Award untuk Presenter Talkshow Berita Terfavorit.

#Ryan
Labels: ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.