Wow! Payakumbuh Raih Prediket Kota Sehat Wistara untuk ke-6 Kalinya

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Kota Payakumbuh berhasil mempertahankan gelar sebagai Kota Sehat Wistara, untuk tahun ini gelar tersebut menjadi yang ke 6 kalinya diraih oleh Kota Randang. Wali Kota Riza Falepi hadir langsung pada penyerahan penghargaan Kota Sehat di Aula Kemendagri, Jakarta pada Selasa (19/11/2019).

Trophy diserahkan oleh Mendagri Prof. Tito Karnavian dan Menkes dr. Dr. Terawan kepada Wali Kota dua periode tersebut, keberhasilan Kota Payakumbuh menjaga prediket ini dibawah kepemimpinan Riza patut diacungi jempol.

Sebelumnya, Tim Verifikasi Kota Sehat yang dipimpin oleh Eko Budi Yunihasto dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mengunjungi Kota Payakumbuh pada bulan Agustus lalu. Disana kementerian mengapresisasi Pemko Payakumbuh karena sudah memiliki tugu Adipura sebagai tanda bahwa Payakumbuh adalah kota sehat.

Predikat Kota Sehat Wistara atau tingkat pengembangan, klasifikasi tertinggi dalam penilaian kota sehat yang di berikan oleh Kementerian Kesehatan. Penghargaan Kota Sehat ini bukan penghargaan semata, melainkan adalah kerjasama lintas sektoral antara pemerintah selaku pemangku kebijakan dan masyarakat dalam pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan.

“Kita bersyukur mendapatkan penghargaan sebagai kota sehat, tapi yang terutama masyarakat Payakumbuh menjadi disiplin dalam berperilaku hidup bersih dan sehat sebagai pencegahan agar tidak sakit, penghargaan ini untuk kita semua, terimakasih,” kata Walikota Payakumbuh Riza Palepi

Upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Payakumbuh bersama Forum Masyarakat Kota Sehat diwujudkan melalui berbagai upaya yaitu pertama, menciptakan lingkungan yang sehat; kedua, meningkatkan kebutuhan akan sanitasi; dan ketiga, mengembangkan inovasi dalam bidang hygiene sanitasi serta tingginya peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Sebagai Ketua Forum Kota Sehat Payakumbuh, Indra Zahur Dt. Rajo Simarajo menyatakan partisipasi masyarakat sangat tinggi sehingga forum ini menjadi jembatan atau wadah diskusi yang aktif antara pemerintah dan masyarakat serta komitmen Walikota dalam rangka membangun Kota Payakumbuh yang berwawasan kesehatan.

Adapun upaya Kota Payakumbuh dalam merubah mindset, pola dan gaya hidup sehat masyarakatnya, serta dengan tegas menjadikan semua tempat di Kota Payakumbuh sebagai kawasan tanpa rokok dengan adanya Perda Rokok.

Semua yang dilakukan itu menjadikan Kota Payakumbuh sebagai Kota Tersehat di Indonesia, juga sebagai perwujudan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada setiap warga, sehingga bermuara pada kualitas kesehatan warga yang mendorong terciptanya daerah maju dan sejahtera.

#Ryan #E2
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.