Hadiri Apel Siaga Bencana, Wawako Erwin: Semua Elemen Siap Siaga Menanggulangi Bencana

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Pemerintah kota Payakumbuh terus melakukan antisipasi dan kesiapsiagaan terkait dalam menangani segala kemungkinan bencana yang terjadi di wilayah. Salah satunya dengan menggelar Apel Siaga Bencana di Medan nan Bapaneh Ngalau Indah, Kamis(23/1).

Selain dihadiri Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, kegiatan tersebut juga diikuti Bupati Kabupaten Limapuluh, Kota Irfendi Arbi, Kapolres Payakumbuh, Dony Setiawan, unsur Forkopimda, TNI/Polri, dan masyarakat.

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz mengatakan pelaksanaan apel siaga bencana hari ini merupakan langkah sebagai bentuk kesiapan dalam menanggulangi bencana yang mungkin akan terjadi pada kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini.

“Seluruh elemen dan stakeholder terkait dituntut untuk siap siaga menghadapi dan menanggulangi bencana, karena kita tahu, bencana itu akan menimbulkan kerugian di berbagai sektor. Baik itu pendidikan, kesehatan dan transportasi. Tentu kerjasama ini membutuhkan kerjasama yang terpadu dari berbagai elemen,” kata Wawako Erwin, sebagaimana dilansir semangatnews.com.

Ditambahkannya, pagi ini kita juga telah melakukan pengecekan personal dan peralatan, Pemko Payakumbuh melalui BPBD dan seluruh instansi yang terkait telah mempersiapkan segala sesuatunya. Persiapan yang dilakukan semakin hari semakin lebih baik, karena memang kita selalu melakukan koordinasi antara pimpinan dan jajaran dalam komunikasi yang selalu terjaga.

“Kami melakukan komunikasi dan koordinasi melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) yang di dalamnya ada BPBD, elemen masyarakat serta dinas terkait seperti Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, TNI/Polri serta KSB di kelurahan. Melalui TRC inilah setiap terjadi bencana kami langsung cepat mendapatkan informasi dan langsung turun ke lapangan untuk menanggulangi bencana tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya Wawako Erwin mengatakan kepada instansi terkait untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam melaksanakan tugas, sehingga mampu merespon secara cepat dan tepat setiap bentuk bencana yang terjadi di Kota Payakumbuh serta menyiapkan dan memelihara kondisi fisik dan mental untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat kapanpun dan dimanapun.

Senada dengan Wawako Erwin Yunaz, Kapolres Payakumbuh Dony Setiawan mengatakan, menindaklanjuti surat keputusan Gubernur Sumatera Barat tentang status siaga bencana, sebagai langkah awal dilaksanakanlah apel ini. Pengecekan kesiapan personil, peralatan dan komunikasi yang baik antar instansi pemerintah, TNI/Polri dan masyarakat dengan harapan semua perencanaan berjalan sebagaimana yang diharapkan,” paparnya.***


#Ryan #E2

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.