Kapolsek Iptu Syafrinaldi Sigab Evakuasi Masyarakat Terjebak Banjir

Pulau Punjung (RangkiangNagari) - Dibawah rintihan air hujan, raungan serine memecah kesunyian pagi rupanya mobil kapolsek Pulau punjung Iptu Syafrinadi sedang meluncur menuju ketempat musibah banjir Jorong Sialang Nagari Gunung Salasih kecamatan Pulau Punjung kabupaten Dharmasraya.

Dengan sigap dan berani dihamparan air sungai yang tidak bertepi lagi, Iptu Syafrinadi di bantu anggotanya  berjibaku mengevakuasi masyarakat yang terjebak di luapan Sungai Batang Pangian.

Tingginya intensitas hujan yang turun dari Senen Malam hingga Selasa pagi (21/1). Mengakibatkan sungai Batang pangian meluap hingga setinggi pinggang orang dewasa di badan jalan lintas sumatra. Tepatnya dijorong sialang mengakibatkan terputusnya arus lalulintas dari muaro Bungo menuju kota padang. Untung tidak sampai dua jam air sudah surut kembali dan mobil sudah bisa lewat lagi ucap Kapolsek pulau Punjung.

Sementara itu ada beberapa  titik yang kenak musibah banjir akibat curah hujan terlalu tinggi, "di jorong Sialang sebanyak 14 unit rumah, jorong Sungai Balik nagari gunung salasih sebanyak 65 unit rumah terendam banjir, jorong Kampung Surau 33 unit kedalam air rata rata mencapai 1,5 s/d 2 meter", ucap Iptu Syafrinadi.

Sementara itu longsor terjadi pula di beberapa titik dikecamatan 9 Koto. "Di Lubuk Jodi Jorong Ranah Kayu Kalek Nagari Silago sebanyak 5 titik longsor di sepanjang jalan Umum Silago. Nagari Banai 2 titik longsor dan rumah yang terkena longsor sebanyak 3 unit. Jalan Silago menuju Nagari Lubuk Karak sebanyak 2 titik, " kata kapolsek
Untuk sementara, jalan penghubung Jorong Sungai Belit dan Kampung Surau Nagari Gunung Selasih tidak bisa dilalui dan hanya bisa menggunakan perahu masyarakat dan perahu karet milik BPBD sebagai akses menuju Jorong tersebut untuk melakukan efakuasi warga serta menyalurkan bantuan dari Pemerintah Daerah jelasnya.

#Ryan #(SSA)
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.