TINGGINYA MINAT MASYARAKAT UNTUK MENJADI PENYELENGGARA PEMILU KADA

Pulau Punjung (RangkiangNagari) - Semenjak di buka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Senen (20/1), oleh Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kabupaten Dharmasraya jumalah yang mendaftar  samapai Rabu (22/1) sudah  mencapai 177 orang.  

Peserta yang ikut mendaftar diperkirakan akan  terus bertambah mengiat, batas menerimaanya sampai 24 januari 2020. Dari 11 kecamatan yang ada di bumi mekar ini, yang paling  banyak pesertanya mendaftar  adalah kecamatan Pulau Punjung 35 orang  disusul kecamatan Koto baru sebanyak 24 orang,  yang paling sedikit adalah kecamatan Asam Jujuhan  dan Kecamatan 9 Koto, kata Ketua KPUD Dharmasraya Maradis saat itu didampingi Komisioner Doni Kartago. 

Besarnya honorarium dalam satu bulanya, yang akan diterima oleh anggota PPK, menjadi perangsang tingginya minat masyarakat di bumi ranah cati nan tigo untuk menjadi panitia pelaksana dalam pilkada nanti. Dimana, anggota PPK yang telah di SK kan oleh KPU nanti akan menerima honor Rp.2,2juta dalam satu bulanya.

Hal itu yang dikemukakan oleh Ketua Komisi pemilihan umum (KPUD) Dharmasraya. Ia mengatakan, bahwa honor tersebut lebih tinggi dibanding tahun lalu dengan masa kerja 9 bulan terhitung 1 Maret.

"Tahun lalu, anggota PPK terima honor dalam satu bulanya Rp.1,5juta, itu honor dan tidak termasuk operasional," kata mantan anggota Bawaslu itu.

Untuk itu Kita akan memberi peluang seluas luasnya kepada masyarakat agar ikut serta terlibat didalam penyelenggaraan pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak nantik, ujarnya. 

Ia menyebutkan, dari seleksi rekrutmen yang tengah dilakukan, pihaknya akan menerima lima orang untuk menjadi anggota PPK dalam satu kecamatan. Namun, KPU akan membuka perpanjangan pendaftaran PPK selama tiga hari, yakni pada  24-27 Januari jika ada kecamatan tidak memenuhi syarat atau kuota pencalonan PPK, dua kali berturut-turut sejalan dengan SE KPU NO 12 tahun 2020 tentang rekrutmen PPK jelas Maradis. 

Dikatakannya, bahwa seleksi administrasi, akan dilakukan mulai dari tanggal 25-27 Januari, dan pada tanggal 27 itu, lanjutnya, akan bisa diketahui siapa yang akan ikut seleksi tertulis pada tanggal 30/01 nanti. Dari sekian banyak yang ikut mendaftar tampaknya 60 persen masi dominan diisi muka lama.


#Ryan #(SSA)
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.