Payakumbuh Jalankan Misi Perdamaian di Kongo Membawa 175 Prajurit 2/PS

PADANG (RangkiangNagari) – Sebanyak 175 personel TNI AD dari Denzipur 2/PS Payakumbuh akan berangkat ke Kongo Afrika pada 29  Januari sebagai pasukan penjaga perdamaian. Pada 21 Januari ini, mereka akan berangkat ke Jakarta untuk bergabung dengan personel lain yang tergabung dalam pasukan satgas Kompi Zeni (Kizi) Kontingen Garuda (Konga) XX-Q Monusco atau Mission de L’Organisation des Nations Unies pour la Stabilisation on Republique Democratique du Congo.

Keberangkatan personel TNI itu, Senin (20/1) dilepas Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS. Fadhilah  bersama Kapolda Irjen Toni Harmanto, dan Gubernur Irwan Prayitno dan Danrem 132/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo di Lapangan Markas Batalyon 133/Yudha Sakti.

Pangdam mengatakan, personel TNI ini melaksanakan tugas negara dengan turut serta menjaga perdamaian dunia sesuai dengan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 di bawah bendera PBB.

“Satgas Kompi Zeni (Kizi) Kontingen Garuda (Konga) XX-Q Monusco bertugas di Kongo sebagai pasukan penjaga perdamaian selama satu tahun. Tugasnya tentu tidak ringan, karena juga menjaga misi perdamaian di tengah konflik yang masih ada,” katanya.

Selain itu, para personil tersebut juga bertugas membangun instalasi atau fasilitas yang diminta Pemerintah Kongo melalui PBB.

“Pasukan yang bertugas harus waspadai virus HIV dan pasukan setelah kembali tidak ada yang terkena penyakit AIDS. Ingat keluarga yang menunggu di rumah. Jangan sampai memalukan kesatuan dan keluarga,” tegas jenderal bintang dua ini.

#Ryan
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.