Latest News

Anggota Komisi 1 DPR RI H. Darizal Basir Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Masjid Raya Pahlawan Lumpo.

Painan (RangkiangNagari) - Anggota Komisi 1 DPR RI H.Darizal Basir,  menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Senin (10/02 ). Acara tersebut bertempat di Masjid Raya Pahlawan Lumpo. Kenagarian Lumpo, Kecamatan 1V Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.  Adapun materi sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan itu antara lain, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Dalam sambutanya,  H. Darizal Basir mengajak kepada Seluruh masyarakat untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan . Menghindari perselisihan dan perpecahan demi menjaga keutuhan  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Sebagai warga negara yang baik, kita punya kewajiban untuk menjaga keuntuhan NKRI. Semangat  persatuan dan kesatuan harus ditingkatkan, perselesihan dan perpecahan harus dihindari,  agar terwujudnya ketentraman dan kenyamanan di masyarakat " tegas mantan Bupati Pessel 1995-2005 itu.

Setelah pemaparan tentang materi 4 Pilar MPR RI oleh H.Darizal  Basir. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. 

Pada kesempatan itu terdapat 3  (tiga)  usulan yang disampaikan oleh 2 (dua) orang  peserta,   Usulan pertama tentang peningkatan kesejahteraan guru honorer. 

"Saya minta tolong kepada Bapak H.Darizal sebagai Anggota DPR RI, mohon dipikirkan nasib kami guru dan pegawai honorer di daerah. Semoga aspirasi ini bisa  disampaikan pada Kementerian terkait," sebut salah seorang guru honorer yang hadir dalam acara itu.

Usulan  kedua  dari  Syafruddin 65 tahun , tokoh masyarakat yang juga pensiunan ASN.  Atas nama masyarakat Lumpo, pada kesempatan itu ia menyampaikan 2 (dua) permohonan. Pertama tentang  Calon Presiden RI atau Wakil Presiden harus kembali kepada UUD 1945  yang belum Diamandemen. Dimana  syarat untuk menjadi Presiden  atau Wakil Presiden harus warga  negara Indonesia Asli.

" Tolong Bapak sampaikan aspirasi kami di daerah pada Pemerintah Pusat, bahwa kami menginginkan syarat untuk menjadi calon Presiden dan Wakil Presiden harus Warga Negara Indonesia Asli. Kami  menolak calon dari Warga Indonesia  yang Keturunan Luar Negeri. 

Selanjutnya permohonan normalisasi Sungai Batang Lumpo. " Kondisi Sungai tersebut sangat memprihatinkan, selain erosi pada bibir sungai juga sering menimbulkan banjir."  terang Syafruddin. Menanggapi aspirasi dari masyarakat tersebut, H.Darizal Basir  akan berupaya menyampaikan pada Anggota Komisi dan Kementerian terkait. 

" Saya akan berupaya untuk menyampaikan usulan ini pada Kementerian dan Komisi terkait.  Semoga permasalahan tersebut ada solusinya," sebut H. Darizal.

Untuk permasalahan Sungai Batang Lumpo H. Darizal minta agar masyarakat  membuat permohonan tertulis lewat proposal. " Tolong disiapkan proposalnya dan alamatkan ke Kementerian PUPR nanti akan saya coba berikan pada Kementerian tersebut. Siapa tau nanti ada solusinya," pungkas Darizal. 

Sebagai moderator dalam Sosialisasi iti Ketua Pengurus Masjid, Zulkifli AS. Dalam sambutanya ia mengucapkan terimakasih pada H. Darizal Basir  atas terselenggaranya acara tersebut di Masjid Raya Pahlawan Lumpo.   

" Kita sangat berterimakasih atas kepercayaan Bapak H.Darizal yang telah menempatkan Sosialisasi 4 Pilar di masjid ini. " ucap Zulkifli.

Hadir pada acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI tersebut, Ketua IPHI Pessel, H. Zainal Dt.Rajo Mato. Mantan Wali Nagari Lumpo, Suhardi, Jajaran pengurus Masjid Raya Pahlawan Lumpo. Tokoh masyarakat,  Niniak Mamak, Alim Ulama Cadiak Pandai, serta para pemuda. 

Dalam kesempatan itu, H. Darizal Basir  menyerahkan bantuan 25 juta rupiah,  guna membantu  kelangsungan pembangunan masjid tersebut.  Sebelumnya Anggota DPR RI Fraksi Demokrat tersebut , juga menjadi bagian dari donatur pembangunan masjid itu.

Saat ini,  pengurus bersama jamaah  mengharapkan, adanya donatur dan dermawan lain yang dapat memberikan bantuan. Hal itu sangat dibutuhkan mengingat pembangunan masjid yang masih terbengkalai. Uluran tangan masyarakat dan  perantau yang memiliki kelebihan rezki sangat dinantikan. Demi percepatan pembangunan masjid Raya Pahlawan Lumpo.  Kita tunggu bantuannya.  



#Ryan #(Dodi)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Anggota Komisi 1 DPR RI H. Darizal Basir Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Masjid Raya Pahlawan Lumpo. Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana