Latest News

Sukseskan Hari Kanker Sedunia, RSUD dr Adnaan WD Gelar Penyuluhan di Poliklinik

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Setiap tanggal 4 Februari, Hari Kanker Sedunia diperingati diberbagai belahan dunia. Termasuk di RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh, ikut menyukseskan serta memperingati dengan mengadakan penyuluhan di Poliklinik, Selasa (4/2).

Tidak tanggung- tanggung, materi penyuluhan tentang kanker serviks disampaikan langsung oleh direktur utama RSUD dr Adnaan WD, yaitu dr.Efriza Naldi, Sp.OG. Selain itu, pengunjung Poliklinik Rumah Sakit, juga mendapatkan pengetahuan tentang cara deteksi dini kanker payudara dari dr. Syafrudin, Sp.B.

“Kanker serviks adalah tumor ganas pada bagian paling bawah rahim, (mulut rahim). Penyebab kanker servik ini, adalah Human Papilloma Virus, (HPV) dan bukan penyakit keturunan. Proses terjadinya kanker serviks membutuhkan waktu 3 – 17 tahun. Sehingga kanker serviks dapat dicegah dengan pemeriksaan deteksi dini, seperti Pap Smear dan IVA test, serta pemberian vaksin HPV,” suluh dr. Efriza Naldi.

“Pemeriksaan Pap Smear mungkin biaya agak mahal, makanya deteksi dini bisa dilakukan dengan tes IVA di Puskesmas di daerah kita. Dengan penyuluhan dan informasi ini, diharapkan masyarakat dapat menyampaikan kepada keluarga, tetangga dan masyarakat sekitar untuk mau melakukan deteksi dini terhadap kejadian kanker serviks ini, ” tambahnya, dilansir semangatnews.com.

“Virus HPV juga dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin, jika diabaikan dapat menjadi kanker serviks. Untuk itu, sebelum menikah dianjurkan mendapatkan vaksin HPV,” terang dr. Efriza Naldi.

Masih dalam sesi penyuluhan, dr. Syafrudin, Sp.B selaku spesialis bedah di RSUD dr Adnaan WD, menyarankan untuk mendeteksi kanker payudara sedini mungkin. Kaum hawa bisa melakukan pemeriksaan di rumah, dengan cara Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI).

“Tujuan dari pemeriksaan SADARI adalah untuk mengetahui adanya perubahan pada payudara, mungkin adanya benjolan. Caranya adalah, angkat satu tangan ke belakang kepala. Lalu, gunakan tangan satunya lagi, raba payudara di sisi tangan yang terangkat. Gunakan jari untuk menekan bagian demi bagian dengan lembut,” demikian saran dr.Syafrudin.

Penyuluhan berlangsung menarik, pengunjung Poliklinik yang aktif dan mau bertanya diberi cendera mata oleh tim dari Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS). Terlihat wajah pengunjung begitu senang. Sembari menunggu panggilan berobat, mereka juga dapat tambahan pengetahuan tentang penyakit kanker.

Penyuluhan tersebut, juga dihadiri oleh Manajemen Rumah Sakit. Tampak hadir Direktur Pelayanan dan Penunjang, dr. Yanti, MPH didampingi utusan Bidang  Keperawatan. “Penyuluhan merupakan agenda rutin kita laksanakan, terutama memperingati hari-hari besar kesehatan, seperti Hari Kanker Sedunia ini, ” ungkap dr.Yanti.

“Besok penyuluhan masih kita lanjutkan, dengan materi tentang kanker paru, dan bahaya asap rokok. Kegiatan penyuluhan lainnya juga menyusul, seperti talk show di salah satu stasiun radio, yang akan disampaikan oleh dr. Vivi Ruliyanty, Sp.OG, dengan tema kanker serviks,” tutup dr. Yanti sembari tersenyum.***

#Ryan #E2
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sukseskan Hari Kanker Sedunia, RSUD dr Adnaan WD Gelar Penyuluhan di Poliklinik Rating: 5 Reviewed By: Umarzam