Latest News

DARI 19 KABUPATEN KOTA DI SUMBAR KABUPATEN DHARMASRAYA NOMOR SATU PENCAIRAN DANA DESA 2020

Pulau Punjung (RangkiangNagari)  -  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)Kabupaten Dharmasraya yang di Pimpin Plt Hasto Kuncoro, terus  mendorong serta menyemangati pemerintahan Nagari dalam upaya pelaksanaan pembangunan  memakai dana desa yang bersumber dari APBN. 

Tidak tanggung-tanggung, mantan kepala sekolah SMA itu, membuat terobosan baru dengan membuka world sof atau semacam klinik, untuk bertanya atau konsultasi apabila ada kesulitan, kendala yang dihadapi pemerintah nagari dalam melakukan pembangunan dinagarinya, ujar Hasto. 

"Di klinik ini, sudah ada consultant baik dibidang teknik maupun dibidang pelapornya keuangannya, mereka yang akan membimbing perangkat nagari", ucap Plt dinas PMD itu. 

Untuk tahun 2020 ini, " Pemerintah Dharmasraya dapat kucuran dana Desa dari pemerintah pusat  melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 53.834.614.000,-
yang akan di bagi kepada 52 nagari yang tersebar di 11 kecamatan", jelas Hasto. 

Kalau dilihat pada tahun 2019 yang lalu,  ada peningkatan penerimaan dana desa.  Yang sebelumnya sebesar Rp 51.593.117.000,-  jadi ada penambahan  sebesar Rp 2.241.497.000,- ungkap Mas Hasto panggilan akrabnya. 

"Sementara itu ada pulan dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan  Belanjaan Daerah (APBD) yang dikenal  dengan Alokasi  Dana Nagari (ADN). Untuk tahun 2020 ini, pemerintah Bumi Mekar  ini menganggarkan sebesar Rp 57,2 miliar lebih" imbuhnya. 

Pihaknya mengatakan  "Dalam penggunaan Dana Desa, pemerintah nagari tidak kita biarkan begitu saja, mereka selalu kita bimbing dan awasi, supaya pembangunan yang dikerjakan tepat waktu dan sasaranya", imbuh Plt kepala dinas PMD itu, Kepada media ini, Kamis (5/3) di kantornya, yang saat itu didampingi kabid Pemerintah Nagari Sasrawati. 

Ditamba Sasrawati, berbeda pada tahun sebelumnya untuk tahun ini, dana desa tersebut sudah lasung ke kas pemerintahan Nagari tidak melalui kas pemerintah daerah. pada bulan Februari 2020 ini  saja sudah  ada 35 nagari menerima dana dese tersebut. 

 "Ditinjau  dari kabupaten kota lain di Sumatera Barat, Kabupaten Dharmasraya ini, yang paling cepat atau yang pertama tahapan pencairan dana desanya" kata Sasrawati. 

Jadi Bupati Dharmasraya Sutan Risaka Tuanku Kerajaan, tidak salah menempatkan orangnya pada tempat yang tepat.


#Ryan #(SSA)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: DARI 19 KABUPATEN KOTA DI SUMBAR KABUPATEN DHARMASRAYA NOMOR SATU PENCAIRAN DANA DESA 2020 Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana