Latest News

Pasien Pertama Covid -19 di Kabupaten Solok

AROSUKA (RangkiangNagari) – Hasil swab laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, satu warga Kabupaten Solok, S (77) warga Surian, Kecamatan Pantai Cermin positif Covid-19. Ini pasien pertama Covid-19 dari Kabuapten Solok.

“Pasien berjenis kelamin laki-laki,” kata Bupati Solok, Gusmal, tadi malam.Ia menjelaskan, S pada Senin (13/4) datang ke praktik dokter dengan menantunya untuk pemeriksaan kesehatan dengan keluhan kebas pada daerah wajah dan lengan sebelah kiri. Demam tidak ada, batuk tidak ada, dan pemeriksaan fisik secara umum baik. Dokter pun melakukan pemeriksaan. Namun keadaan S normal.

Pasien esoknya dirujuk ke RSUD Arosuka diantar menantunya dengan keluhan nyeri perut di ulu hati.

Dokter menanyakan adakah perantau yang baru datang berinteraksi dengannya. Ternyata menantunya itu baru datang dari Jakarta.S kemudian masuk daftar isolasi Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan diminta melakukan swab.Hingga akhirnya swab keluar dan dinyatakan positif Covid-19.

“Saat ini kami melakukan tarcking terhadap siapa saja yang melakukan kontak dengan S,” kata Bupati.

Sebelumnya, satu perantau inisial SR asal Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok dinyatakan positif Covid-19.Terkait itu, Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin yang juga Kepala Posko Utama Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 (P2PC) Kabupaten Solok, mengharapkan seluruh elemen bergerak maju dan kompak mengahadapi Covid-19. Masyarakat butuh informasi yang valid dan menyejukkan.

“Kita harus bergerak bersama dan kompak. Kita berharap pandemi covid 19 ini bisa kita lalui dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0309/Solok Letkol ARM Reno Triambodo menyatakan, pihaknya telah melakukan upaya agar segera membawa kembali pasien tersebut dari Surian ke RSUD Arosuka.

“Kita bersama kepolisian dan masyarakat akan mengupayakan agar pasien segera ditangani sesuai dengan protokol penanganan pasien positif Covid-19,” ujarnya.Senada, Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho memastikan, pihaknya akan menjadi garda terdepan dalam Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Solok.

#Ryan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pasien Pertama Covid -19 di Kabupaten Solok Rating: 5 Reviewed By: Umarzam