Puluhan Cigak Jarah Kantor Lurah Pakan Sinayan

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Ada-ada saja hal yang tak terduga terjadi saat wabah Covid-19 melanda negeri ini, puluhan kera atau cigak melakukan penjarahan ke kantor Lurah Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (15/4),

Kejadian itu berawal pada pukul 10.30, dua staf kelurahan Ayu dan Weni Lauza sedang sibuk bekerja, tiba-tiba dikagetkan saat seekor kera besar memimpin aksi penerobos ke kantor lurah, bahkan anak-anak cigak ikut menyerbu ke dalam.

“Awalnya mereka berkumpul-kumpul saja di halaman dan sekitaran kantor, tapi lama-kelamaan semakin ramai, pas kita perhatikan lama-lama, eh taunya mereka berlarian menerobos masuk ke kantor, sontak kami langsung mengurung diri ke ruang arsip dan menutup pintu,” kata Ayu salahsatu staf.

Seluruh arsip berantakan, komputer dijungkir balikkan, laci-laci meja dibuka, apapun yang bisa dijadikan oleh cigak-cigak itu sebagai makanan ludes habis, termasuk sarapan pagi dan snack pegawai kelurahan.

“Tidak ada kerusakan berat kepada aset kantor, namun kami jadi takut nanti cigak-cigak itu kembali,” terang mereka.

Sementara itu, Lurah Zailendra menduga mungkin kera-kera ini kelaparan karena pengunjung wisata ngalau tidak ada lagi, biasanya mereka makan dari pengunjung objek wisata itu. Lokasi kantor lurah yang berada di tepi tebing dekat dengan hutan ngalau, dan kantor lurah juga bertetanggaan dengan gedung SDN 59 Payakumbuh.

“Mereka juga terbiasa makan dari sisa-sisa makanan anak sekolah, kan biasanya kalau anak sekolah bawa bekal makan ataupun jajan, sekarang sumber pasokan makanan mereka tidak ada lagi, terjadilah hal seperti ini,” kata lurah.

Saat ini lurah dan LPM sudah mengusulkan pemindahan kantor lurah, dan saat ini sedang diproses agar lokasi kantor lurah lebih strategis dan dekat dengan pemukiman warga.

“Sementara langkah antisipasi kita waspada dan bila masih berlanjut kita akan hubungi damkar Payakumbuh untuk pertolongan,” terang lurah didampingi Bhabinkamtibmas Brigadir Irvan. (rls)

#Ryan #E2
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.