Rp75 Miliar untuk Penanggulangan Covid-19 di Padang Pariaman

PARIK MALINTANG (RangkiangNagari) – Pemkab Padang Pariaman menyiapkan dana refocusing APBD sebesar Rp43,6 miliar untuk penanganan Covid-19 yang sudah disusun sejak akhir Maret lalu. Dana demikian belum termasuk dari Dana Desa (DD), Baznas dan bantuan masyarakat lainnya.

Terkait penanganan Covid-19, pemkab telah menyiapkan dana sebesar Rp36,2 miliar sebagai dana reconfusing ditambah dengan Bantuan Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp7,4 miliar, dan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) setiap nagari rata-rata sebesar Rp200 hingga Rp250 juta dikali jumlah nagari sebanyak 103.Pada tahap awal, Pemkab baru mencairkan dana BTT sebesar Rp806 juta. “Bukan total dana refocusing yang Rp806 juta tapi yang baru dicairkan,” ungkap Bupati Ali Mukhni. Tahap selanjutnya akan dicairkan sebesar Rp5 miliar untuk kegiatan fasilitasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19. “Pemkab Padang Pariaman telah menganggarkan sebesar Rp26 miliar untuk penyediaan beras bagi 91 ribu jiwa termasuk data tambahan 15 persen dari data terpadu kesejahteraan sosial dalam masa penanganan Covid-19, selama tiga bulan kedepan,” ujarnya.Menurutnya, di samping APBD ditambah dengan batuan Baznas, dalam bulan ini saja telah pihaknya telah menyalurkan dana hingga Rp600 juta dan akan ditambah lagi menjelang hari Raya Idul Fitri.

Berkat lobi, Bupati Ali Mukhni, beberapa perusahaan telah menyalurkan bantuannya untuk masyarakat Padang Pariaman, seperti CSR PT. Angkasa pura, CSR PT. INTI, CSR Hutama karya, CSR Wilmar Group, CSR Japfa Comfeed dan beberapa perusahaan lainnya yang penyalurannya dilakukan secara sendiri-sendiri. Jika dihitung bisa mencapai Rp2 miliar. 

#Ryan
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.