Latest News

Unand akan Wisuda Online 1.100 Lulusan

PADANG (RangkiangNagari) – Universitas Andalas (Unand) akan menyelenggarakan wisuda secara online pada Selasa (30/6) depan. Sebanyak 1.100 orang sudah mendaftar, dan bersiap mendapat predikat sarjananya. Cukup berbeda dibanding kampus lain, Unand menyelenggarakan wisuda kali ini menggunakan aplikasi microsoft. Pada wisuda kali ini Unand sudah menerapkan sistem kuota untuk setiap kali pelaksanaannya. Ditetapkan sebanyak 1.100 orang lulusan per penyelenggaraan wisuda setiap tahunnya. Dengan cara ini, kampus bisa melaksanakan wisuda lima sampai enam kali setahun.“Sejak Maret kami sudah membahas pelaksanaan wisuda ini di masa pandemi,” kata Rektor Unand, Prof. Yuliandri, Kamis (25/6) saat bertemu dengan sejumlah awak media di rektorat.

Kondisi yang terjadi saat ini, kata rektor, belum ada kepastian kapan Covid-19 ini akan berakhir. Dan bagaimanapun, diploma, sarjana, doktor, profesi juga dituntut tak menunggu lama-lama dalam menyelesaikan studi.“Kuota pada April kemarin baru ada sekitar 400-an yang mendaftar untuk wisuda. Kemudian, pendaftar terus bertambah, hingga kemarin, sudah ada 1.099 mahasiswa yang mendaftar,” katanya.

Ada hikmah lain yang muncul dari pelaksanaan wisuda online ini, walau khidmatnya mungkin terasa kurang. Untuk wisuda online ini Unand tidak memungut bayaran kepada mahasiswa. Untuk yang sudah terlanjur membayar, akan dikembalikan. Kemudian juga menurut rektor, dengan hadirnya orangtua atau wali di samping para wisudawan pasti juga akan memberikan nilai emosional lain yang terasa.

#Ryan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Unand akan Wisuda Online 1.100 Lulusan Rating: 5 Reviewed By: Umarzam