Menteri Agama Luncurkan MTQ Tingkat Nasional Secara Virtual

PADANG (RangkiangNagari) – Menteri Agama Fachrul Razi meluncurkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional Ke XXVIII, Selasa  (28/07/2020). Launching MTQ kali ini digelar secara langsung dan virtual, yang dihadiri gubernur, wakil gubernur, Forkopimda, Kemenag, bupati/walikota serta lainnya. Launching ini dimaksudkan untuk menginformasikan kepada publik terkait kesiapan Sumatera Barat sebagai tuan rumah dalam helat akbar pelaksanaan MTQ Nasional pada 12-21 November 2020 nanti.

Fachrul Razi, menyampaikan apresiasi kepada gubernur dan masyarakat Ssumbar atas antusiasnya mempersiapkan Padang dan Padang Pariaman tempat dihelatnya MTQ Nasional ke XXVIII.Menteri Agama juga menyebut agar MTQ nanti tidak hanya sebagai ajang pencarian bakat tetapi lebih kepada memaknai Alquran sebagai pedoman dalam kehidupan.

“MTQ kali ini tidak hanya sebagai ajang kontensitasi semata tetapi harus dimaknai lebih dari itu, yakni menstimulasi umat agar lebih mencintai dan mempelajari Alquran serta berpedoman kepada ajaran yang terkandung didalamnya,” kata Menteri.

Meskipun MTQ nanti dilangsungkan dalam suasana pandemi, namun seyogyanya pandemi ini tidak menjadi penghalang untuk tetap produktif dan proaktif dalam membangun nilai-nilai keagamaan bagi kehidupan masyarakat indonesia.

Selain itu MTQ merupakan salah satu moril syiar islam yang harus terus dikembangkan dan dilestarikan karena diharapkan akan jadi katalisator perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.

Gubernur Irwan Prayitno menyambut antusias dengan telah diluncurkannya MTQ dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi.

“Ini adalah penantian yang begitu lama, untuk itu kita sebagai panitia akan berusaha maksimal mensukseskan kegiatan ini, walau masih dalam suasana pandemi,” kata Gubernur.

Gubernur Sumbar juga memastikan acara MTQ nanti akan dilakukan dengan protokol kesehatan, dan pastinya berbeda dengan pelaksanaan MTQ selama ini.

“Yang hadir dibatasi, walau secara fisik mereka hadir, tetapi mungkin penonton bisa melihat melalui zoom atau streaming, itulah yang membedakan,” ucap Gubernur.

Gubernur menambahkan bahwa pembukaan dan penutupan acara tetap merujuk kepada protokol kesehatan. Inilah yang mungkin kita jaga, agar tetap sukses, agar tetap meriah dan memberikan syarat akan nilai kepada kita, tapi kesehatan tetap kita jaga.

#Ryan
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.